MUI Imbau Semua Pihak Terima Putusan MK dengan Penuh Kesadaran dan Keikhlasan

Rabu, 26 Juni 2019 - 10:11 WIB
MUI Imbau Semua Pihak Terima Putusan MK dengan Penuh Kesadaran dan Keikhlasan
MUI Imbau Semua Pihak Terima Putusan MK dengan Penuh Kesadaran dan Keikhlasan
A A A
JAKARTA - Majelis Hakim Mahkamah Kontitusi (MK) akan membacakan putusan Sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2019 yang diajukan Tim Hukum Pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pada Kamis 27 Juni besok. Dalam hal ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyampaikan pandangannya terkait putusan MK tersebut.

Wakil Ketua Umum MUI, Zainut Tauhid Sa'adi mengaku pihaknya mengapresiasi kepada semua pihak khususnya pasangan calon presiden dan wakil presiden yang berketetapan hati untuk menempuh jalur hukum dalam menyelesaikan sengketa pemilu.

Menurutnya, hal tersebut bukan saja merupakan bentuk kesadaran konstitusional dan sikap kenegarawanan yang sangat terpuji. "Lebih dari itu proses penyelesaian sengketa melalui hukum juga memberikan pembelajaran masyarakat untuk berdemokrasi secara sehat, dewasa dan bermartabat," tutur Zainut dalam pers rilisnya, Rabu (26/6/2019).

Selain itu, kata Zainut, MUI mengimbau kepada semua pihak untuk bisa menerima keputusan majelis hakim dengan penuh kesadaran dan keihlasan karena putusan MK bersifat final dan mengikat.

Zainut menilai, putusan MK harus dimaknai sebagai putusan yang terbaik untuk mengakhiri segala sengketa yang berkaitan dengan pemilu sebagaimana kaidah fikih; hukmul Hakim Ilzamun Wa Yarfa'ul Khilaf (keputusan hakim adalah mengikat dan menghilangkan perbedaan).

Tak hanya itu, MUI juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap tenang, menjaga kondusifitas dan tidak melakukan aksi kekerasan dan tindak pelanggaran hukum lainnya. Ia berharap, semua pihak tetap mengedepankan sikap santun, damai, dan akhlakul karimah dalam menyampaikan tuntutan aspirasinya.

"Marilah kita kembali merajut persaudaraan kebangsaan yang selama ini sempat terkoyak akibat perbedaan pilihan politik, demi terwujudnya kehidupan masyarakat yang aman, damai dan diridloi Allah Tuhan Yang Maha Kuasa," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4652 seconds (0.1#10.140)