alexametrics

Tim Hukum 01 Optimistis Hakim MK Akan Perkuat Kemenangan Jokowi-Ma’ruf

loading...
Tim Hukum 01 Optimistis Hakim MK Akan Perkuat Kemenangan Jokowi-Ma’ruf
Suasana sidang sengketa Pilpres 2019 di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta. Foto/Dok/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Wakil Ketua Tim Hukum pasangan calon (paslon) 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin (Jokowi-Ma’ruf) I Wayan Sudirta optimistis bahwa Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) akan memutus sengketa Perselisihan Hasil Pemilu Presiden (PHPU) yang akan diumumkan pada 27 Juni nanti. Dan 99,99% pihaknya meyakini bahwa putusan itu akan semakin memperkuat kemenangan Jokowi-Ma’ruf pada Pemilu 2019.

“Maju menjadi tanggal 27 tidak membuat kami lebih optimis, karena optimisme itu ketika kami menyampaikan keterangan dan alat-alat bukti. Optimisme itu tidak boleh asumsi dan pendapat, ndak boleh keyakinan. Optimisme itu berdasarkan satu, surat-surat; dua, keterangan pihak terkait; ketiga, saksi; keempat, ahli; kelima, petunjuk. Itu kami semua memilikinya,” kata Wayan di Senator Daerah Pemilihan (Dapil) Bali itu di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (25/6/2019).

Namun, kata Politikus PDI Perjuangan itu, pihak lawan yakni Tim Hukum Paslon 02 justru tidak memiliki satu pun dari kelima alat-alat bukti tersebut. Dan kondisi itu membuat pihaknya semakin optimistis menang di MK. “Sebaliknya, pihak lawan satupun tak memiliki itu. Itu yang menyebabkan kami optimis,” imbuhnya.



Karena itu, lanjut Wayan, pihaknya bisa membayangkan bahwa bukan hal yang sulit bagi Majelis Hakim MK untuk membuat putusan. Ia meyakini bahwa gugatan pemohon 99,99% akan ditolak atau setidak-tidaknya tidak dapat diterima. Karena, itu merupakan permohonan yang paling aneh yang pernah dijumpai di Indonesia.

“Permohonannya panjang, tidak menyangkut substansi, permohonannya tidak didukung bukti-bukti, campur aduk seperti yang saya bilang. Ini salah satu permohonan yang paling tidak bagus, paling lemah, yang paling tidak lazim dan ini dikuatkan oleh para pengamat, bukan hanya kami,” ujarnya.
(pur)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak