alexametrics

Jawab Pertanyaan Kubu Prabowo, KPU: Data Situng Tidak Akan Pernah Terganggu

loading...
Jawab Pertanyaan Kubu Prabowo, KPU: Data Situng Tidak Akan Pernah Terganggu
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman mengatakan apa yang disampaikan saksi ahli sebenarnya sudah jelas tentang jaminan keamanan Situng KPU. Foto/SINDOphoto/Eko Purwanto
A+ A-
JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman mengatakan apa yang disampaikan saksi ahli sebenarnya sudah jelas tentang jaminan keamanan Situng KPU. Hal ini sekaligus menjawab pertanyaan Tim Hukum 02 Prabowo-Sandi yang mengaitkan dengan jaminan keamanan sesuai UU ITE Pasal 15 ayat (1).

Menurut Arief, pihak luar hanya bisa menyerang website Situng. Sementara data Situng akan tetap aman.

"Data Situng ini tidak akan pernah terganggu. Saya sering bicara sama teman-temen media bahwa saya selalu sampaikan begini: orang banyak masuk ke halaman rumah kita, tapi tidak pernah masuk dalam rumah kita," ujar Arief dalam Sidang di Gedung MK, Jakarta, Kamis (20/6/2019).



Arief menegaskan jika terjadi peretasan atau dihack pihak luar maka data Situng tetap aman. Sebab menurutnya, setelah direfresh maka 15 menit kemudian akan kembali tanpa data yang berubah.

Terkait hal ini, Hakim Saldi Isra sempat meminta tim hukum pemohon tak memaksa termohon KPU. Sebab, setidaknya apa yang disampaikan Arief sama dengan yang disampaikan ahli.

Kemudian, Saldi meminta termohon menyampaikan peristiwa apakah pernah website KPU diserang atau dihack pihak dari luar. Arief menegaskan hal itu pernah terjadi.

"Ada. Yang melakukan hack terhadap sistem kita ada dan dia sekali lagi saya sampaikan dia hanya bisa masuk sampai di halaman kita. Tidak bisa masuk ke rumah kita," tandasnya.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak