alexametrics

Pemerintah Jamin 2024 Lahan di Gresik Bersertifikat

loading...
Pemerintah Jamin 2024 Lahan di Gresik Bersertifikat
Mennteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil. Foto/SINDOnews
A+ A-
GRESIK - Kabar gembira bagi warga Kabupaten Gresik, Jawa Timur yang lahannya belum bersertifikat. Pemerintah menjamin empat tahun lagi, semua lahan di Gresik sudah bersertifikat.

Janji itu disampaikan Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil saat penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat di SOR Petrokimia Gresik, Kamis (20/6/2019).

Menurut Sofyan, berdasar komunikasi dengan Bupati Sambari Halim Radianto, saat ini ada kisaran 400.000 persil milik warga yang belum bersertifikat. Pihaknya menargetkan empat tahun ke depan tuntas.“Program ini hanya permulaan. Empat tahun ke depan kita sertifikatkan semua lahan warga Gresik,” ujarnya.



Dijelaskan dia, bila tahun ini ada 53.500 bidang yang disertifikatkan lewat program PTSL. Tahun 2020 ada 110.000 dan 2021 rencaanya ada 150.000 bidang milik warga kurang mampu yang disertifikatkan. “Sehingga, pada 2024 semua lahan milik warga kurang mampu di Gresik sudah bersertifikat semua,” ujarnya.

Sofyan menjelaskan, sertifikasi ini akan banyak membantu warga. Salah satunya dapat dipakai untuk modal. Sehingga, warga dapat memulai usaha. “Tapi pesan Pak Jokowi jangan dipakai pinjem modal direntenir karena merugikan. Rentenir itu polanya 4-8, empat pinjem dan delapan mengembalikan,” ujarnya.

Karena itu, dirinya berpesan, bila sertifikat sudah jadi, jangan sampai salah mengagunkan. Lebih baik ke bank-bank pemerintah. Sebab, bunganya kecil.
(sco)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak