alexametrics

George Meninggal, TNI AD Instruksikan Kibarkan Bendera Setengah Tiang

loading...
George Meninggal, TNI AD Instruksikan Kibarkan Bendera Setengah Tiang
Upacara pengantaran jenazah Almarhum Jenderal TNI (Purn) George Toisutta yang dipimpin langsung oleh KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa di halaman Rumah Duka RSPAD. Foto/SINDOnews/Sucipto
A+ A-
JAKARTA - TNI AD menginstruksikan kepada jajarannya untuk mengibarkan bendera setengah tiang mulai 12-18 Juni sebagai penghormatan dan rasa duka cita atas berpulangnya mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI (Purn) George Toisutta.

“Sebagai bentuk penghormatan dan rasa duka cita yang mendalam atas kepergian Almarhum Jenderal TNI (Purn) George Toisutta, seluruh satuan jajaran TNI Angkatan Darat mulai hari ini tanggal 12 hingga 18 Juni 2019 mengibarkan bendera setengah tiang,” kata Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Candra Wijaya, Rabu (12/6/2019).

Seperti diketahui mantan KSAD Jenderal TNI (Purn) George Toisutta, meninggal dunia hari ini pukul 05.26 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat karena sakit.



Dijelaskan Kadispenad, jenazah almarhum pagi tadi telah dimandikan dan disalatkan di Masjid As-Syifa RSPAD. Usai disalatkan almarhum, kemudian disemayamkan di Rumah Duka RSPAD Gatot Soebroto.

“Selain Bapak KSAD hadir para pejabat teras TNI AD, para mantan KSAD, para purnawirawan Pati TNI, keluarga, kerabat dan sanak keluarga serta para pelayat di Rumah Duka RSPAD Gatot Soebroto untuk memberikan penghormatan terakhir dan mendoakan agar Almarhum Jenderal TNI (Purn) George Toisutta diterima di sisi-Nya dan husnul khotimah," tutur Candra.

Selanjutnya, sambung Candra dilakukan upacara pengantaran jenazah almarhum yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa di halaman Rumah Duka RSPAD.

“Usai upacara pengantaran, jenazah almarhum diberangkatkan ke Makassar melalui Bandara Halim Perdanakusuma dengan pesawat Hercules C 130, untuk dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Dadi, Makassar. Serangkaian acara pemakaman juga telah disiapkan di Makassar,” terang Candra.

Setibanya di Lanud Makassar, menurut Candra, jenazah Almarhum George Toisutta akan langsung dibawa menuju rumah duka di Jalan Rotan No 80, Gunung Sari Makassar untuk disemayamkan dan selanjutnya disholatkan di Masjid Nurul Ilmi Makassar. Kemudian, dimakamkan di TPU Dadi, Makassar, dengan Irup Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Tatang Sulaiman.

Dijelaskan oleh Candra bahwa Jenderal TNI (Purn) George Toisutta adalah KSAD ke-26, yang menjabat sejak tanggal 9 November 2009 sampai dengan 30 Juni 2011. Sebelumnya Almarhum juga pernah menjabat sebagai Pangkostrad sejak 2007 hingga 2010.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak