Kakorlantas Bersama Stakeholder Antisipasi Dampak One Way Arus Balik Lebaran

Sabtu, 08 Juni 2019 - 22:23 WIB
Kakorlantas Bersama Stakeholder Antisipasi Dampak One Way Arus Balik Lebaran
Kakorlantas Bersama Stakeholder Antisipasi Dampak One Way Arus Balik Lebaran
A A A
JAKARTA - Kakorlantas Irjen Pol Refdi Andri bersama Dirjen Hubdar, Direktur Jasa Marga, Asosiasi Pengusaha Rest Area dan mitra terkait lainnya, menggelar rapat evaluasi pasca sehari pemberlakuan one way arus balik Lebaran 2019 sepanjang 410 Kilometer (Km) dimulai dari KM 414 Kalikangkung hingga KM 70 Cikampek Utama. Rapat evaluasi digelar di Kantor Gerbang Tol Cikampek Utama, Sabtu (8/6/2019).

Dengan diberlakukannya rekayasa arus lalu lintas one way pada arus balik, Kakorlantas tidak menampik akan adanya dampak ringan punumpukan kendaraan selepas batas akhir one way. Namun Kakorlantas bersama mitra terkait akan maksimalkan penguraian kepadatan.

"Kami semua jajaran lalu lintas di kewilayahan dan mitra terkait akan lakukan optimalisasi dan peningkatan personel. Kita harus menyiapkan semua kebutuhan petugas lapangan. Kelengkapan lapangan dan kelengkapan perorangan menjadi sangat penting juga untuk menunjang kelancaran rekayasa lalu lintas," kata Kakorlantas.

Kakorlantas menyebutkan, penumpukan itu disebabkan adanya pertemuan arus kendaraan dari arah selatan dan timur. Kemudian penuhnya rest area yang berada di sepanjang jalur Cikampek-Jakarta

"Maka dari itu agar tehindar penumpukan kita akan optimalisasi pengelolaan rest area, menggunakan semua kekuatan dengan buka tutup rest area agar tidak terjadi kepadatan," sebut Kakorlantas.

Untuk mengurai kamacetan juga akan diberlakukan one way dari KM 70 hingga KM 29. Kakorlantas mengimbau untuk sebisa mungkin tidak menggunakan Rest Area di Jalur Tol Cikampek-Jakarta.

"Sebisa mungkin masyarakat menggunakan rest area yang berada di Timur pada saat one way, karena di kanan kiri jalur Rest Area Timur sarana prasana sangat amat memadai untuk kebutuhan pengendara. Ini juga agar menghindari penumpukan di ruas Tol Cikampe-Jakarta," pungkasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4902 seconds (0.1#10.140)