alexametrics

KSAU Kerahkan Pesawat Hercules Angkut Pemudik

loading...
KSAU Kerahkan Pesawat Hercules Angkut Pemudik
KSAU Marsekal Yuyu Sutisna mengerahkan sejumlah pesawat angkut CN dan Hercules untuk mengangkut para pemudik yang akan merayakan Idul Fitri 1440 H di kampung halamannya di Lanud Halim Persanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (1/6/2019). Foto/SINDOnews/Sucipto.
A+ A-
JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal Yuyu Sutisna mengerahkan sejumlah pesawat angkut CN dan Hercules untuk mengangkut para pemudik yang akan merayakan Idul Fitri 1440 H di kampung halamannya.

"Pagi ini kami memberangkatkan mudik, khususnya anggota TNI AU dan AD dan AL. Kita tahu permasalahan dari tahun ke tahun adalah keterbatasan angkutan. Untuk itu TNI AU menyediakan angkutan berupa pesawat angkut berat dan ringan dari lima skuadron anuntuk mudik baik anggota, PNS dan keluarganya," ujarnya di Lanud Halim Persanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (1/6/2019).

Yuyu mengaku telah memerintahkan dan menginstruksikan jajarannya untuk mengangkut semua pemudik secara bertahap dan bergiliran. "Saya berharap kesempatan mudik ini dimaksimalkan untuk silaturahmi bersama keluarga, libur dan merayakan Idul Fitri. Setelah kembali bisa membawa kesegaran saat bekerja," ucapnya.



Perwira Tinggi (Pati) TNI AU yang pernah menjabat sebagai Pangkohanudnas ini mengatakan selain memberangkatkan pemudik, TNI AU juga akan memfasilitasi pemudik yang akan kembali. Mereka akan dijemput di lanud-lanud tertentu. "Ini upaya TNI AU memberikan kesejahteraan kepada mereka sehingga tidak mereka tidak sulit mencari tiket. Jaga diri dan jaga keselamatan masing-masing," katanya.

Yuyu menuturkan angkutan mudik gratis menggunakan pesawat ini melayani semua tujuan di seluruh Indonesia tidak hanya dari Pulau Jawa tapi juga ke pulau-pulau di luar Jawa dan sebaliknya. "Seluruh Lanud kita beri rute sehingga semua kebagian. Kemarin kami sudah mengangkut keluarga agar tidak terjadi penumpukan. Setiap hari 1.400-1.500 pemudik yang diangkut. Hingga kini sudah 41 sorti," jelasnya.

Dia mengakui ada juga pemerintah daerah (Pemda) yang memanfaatkan dan menggunakan layanan ini untuk mengangkut pemudik selama memenuhi persyaratan yang ada. "Selama kosong kita ikut sertakan. Prinsipnya selama pesawatnya masih ada, waktunya tidak melebihi kita akan angkut," ucapnya.

Apris, salah seorang penumpang tujuan ke Yogyakarta mengaku senang dan berterima kasih kepada TNI AU karena menyediakan mudik gratis dengan pesawat Hercules. Dia mengaku pulang ke kampung halamannya bersama suami dan anaknya. "Senang, terima kasih sekali karena membantu kita tidak perlu susah-susah beli tiket. Rencananya, kembali lagi 5 Juni," ucapnya.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak