alexametrics

Pasukan Perdamaian RI Beri Penyuluhan Kesehatan Gigi untuk Anak Lebanon

loading...
Pasukan Perdamaian RI Beri Penyuluhan Kesehatan Gigi untuk Anak Lebanon
Acara penyuluhan kesehatan gigi untuk siswa di salah satu sekolah di Lebanon Selatan. Kegiatan tersebut digelar pasukan Indobatt UNIFIL selama dua hari di wilayah tersebut. Foto/Dispenad
A+ A-
JAKARTA - Satgas Indobatt United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL) menggelar penyuluhan kesehatan ke empat sekolah di Lebanon Selatan. Kegiatan itu digelar sebagai bentuk kepedulian kepada anak-anak di wilayah tersebut.

Hal tersebut disampaikan Komandan Satgas (Dansatgas) Indobatt UNIFIL, Letkol Inf Arfa Yudha Prasetya dalam rilis tertulisnya di UNP 7-1 Adchit Al Qusayr, Lebanon Selatan, Selasa 14 Mei 2019.

Dansatgas mengungkapkan, penyuluhan yang berkaitan dengan kesehatan gigi ini digelar selama dua hari, 9-10 Mei 2019 dengan menyambangi empat sekolah negeri (public school) yang berada di Desa Tulin, Desa Suwannan, Desa Ett Taibe dan Desa El Odaisseh.



“Menjaga kesehatan gigi merupakan hal yang wajib dilakukan oleh semua orang, terlebih bagi anak-anak yang masih mempunyai gigi susu,”ujarnya.

Di tengah-tengah tugas Satgas melaksanakan patroli dan menjaga keamanan, kegiatan ini dikatakannya sangat berguna bagi anak-anak Lebanon.

“Menambah semangat, sebelum kegiatan, anak-anak dihibur dengan tari Tor-Tor oleh prajurit wanita TNI, serta penampilan lucu boneka Spongbob dan boneka UN (United Nation). Anak-anak sangat antusias dan bergembira,” tuturnya.

“Pemberi materi drg Letda Ckm Sabrina menjelaskan tentang apa dan bagaimana sakit gigi terjadi, serta cara penanggulangan dan penyembuhannya,” tambah Arfa Yudha.

Selain itu, kata Arfa, mereka diperagakan cara menyikat gigi yang baik dan benar.“Dengan penjelasan dan peragaan itu anak-anak bisa mempraktekkannya dengan mudah di rumah masing-masing," katanya.

Terpisah, Kapten Inf Yoel Sri Liga (penyelenggara Dental Campaign) menjelaskan, kegiatan itu didorong rasa kepedulian Satgas terhadap kesehatan dan masa depan anak-anak Lebanon.

“Kami (Satgas) di sini bukan untuk membuat takut masyarakat, khususnya anak-anak, namun (kehadiran) kami membantu dan menjadi bagian solusi masyarakat Lebanon," tuturnya.

Atas penyelenggaraan kegiatan Satgas terhadap anak-anak didiknya, Kepala SDN Desa Ett Taibe, Abel Alrahman Reslan mengatakan, kegiatan penyuluhan yang diselingi hiburan seperti itu sangat membantu para siswanya dalam menyerap segala materi yang diberikan.

“Mereka mungkin setiap hari menyikat gigi, tapi belum mengerti cara menyikat gigi yang baik dan benar. Setelah ini pastinya mereka akan mulai bagaimana cara menggosok gigi yang baik dan benar,” ujarnya sambil tersenyum.

Demikian halnya dengan Kepala SDN Desa El Odaisseh, Mrs.Mariam mengungkapkan, para siswanya begitu bersemangat dengan adanya tarian dari Indonesia dan boneka lucu sebelum penyajian materi ditambah dengan adanya materi yang disampaikan dalam bentuk video.

“Kegiatannya cukup baik dan sangat bermanfaat bagi anak-anak, semoga ke depannya kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan,” tuturnya.
(dam)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak