Lewat Pos Satgas, TNI Bangkitkan Semangat Belajar Anak di Perbatasan

Jum'at, 10 Mei 2019 - 10:07 WIB
Lewat Pos Satgas, TNI Bangkitkan Semangat Belajar Anak di Perbatasan
Lewat Pos Satgas, TNI Bangkitkan Semangat Belajar Anak di Perbatasan
A A A
JAKARTA - Yonif 741/GN menjadikan Pos Satgas Haumeniana, Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai sekolah alam bagi anak-anak di perbatasan Indonesia-Timor Leste.

Menurut Dansatgas Yonif 741/GN, Mayor Inf Hendra Saputra, keindahan alam di Pos Satgas Haumeniana memiliki daya tarik sendiri. Letaknya di atas ketinggian dan pandangan yang luas jauh ke depan menjadikan orang-orang yang berada di sana seperti di atas awan.

“Dari itulah, anggota Pos Satgas Haumeniana tergerak untuk membangkitkan semangat belajar dan meningkatkan literasi anak-anak yang berada di sekitar pos,” kata Hendra, seperti dalam siaran pers Dinas Penerangan Angkatan Darat, Kamis 9 Mei 2019.

Dia mengharapkan sekolah alam itu meningkatkan daya imajinasi dan inspirasi anak-anak untuk mengetahui berbagai hal

Selain itu, lanjut Hendra, anggota di sana, di antaranya Prada Doni Purwanto dan Prada Agus Setyo Budi Raharjo ikut membantu anak-anak SD belajar membaca dan berhitung atau pun membantu mereka mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR) dari sekolah.

“Untuk anak setingkat SD diberikan waktu khusus agar mereka tidak jenuh, kadang belajar di ruangan, kadang juga mereka belajar dan bermain di luar ruangan sambil melihat dan mengenalkan berbagai benda alam,” tuturnya.

Selain membantu belajar, lanjut dia, anggota Satgas mendorong semangat dan kreativitas anak-anak dengan memberikan hadiah buku tulis maupun pulpen bagi mereka yang bisa menjawab pertanyaan.

Di saat sengggang selain membantu anak-anak belajar, kata dia, anggota pos lainnya bersilaturahmi dengan warga, salah satunya untuk mengecek kesehatan warga.

“Atau berbagai hal yang bisa membantu kesulitan mereka, termasuk hanya untuk sekadar menyapa dan berbincang-bincang dengan warga di rumah atau para pengunjung yang ada di Taman Haumeniana,” tuturnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9647 seconds (0.1#10.140)