Khawatir Salahi Kewenangan, Politisi Nasdem Ini Usul Agar KPK Diawasi

Rabu, 08 Mei 2019 - 00:51 WIB
Khawatir Salahi Kewenangan, Politisi Nasdem Ini Usul Agar KPK Diawasi
Khawatir Salahi Kewenangan, Politisi Nasdem Ini Usul Agar KPK Diawasi
A A A
JAKARTA - Anggota komisi IX DPR dari Partai Nasdem, Irma Chaniago berharap agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memiliki lembaga pengawas supaya tidak melampaui kewenangan yang dimilikinya.

“Jika sebuah lembaga tidak ada yang mengawasi, maka cenderung menyalahgunakan wewenangnya. Kita sepakat kalau korupsi harus diberantas, tetapi KPK sebagai lembaga Superbody bukan berarti KPK lepas dari pengawasan karena KPK bukan malaikat,” ujar Irma dalam diskusi yang digelar di Cikini Jakarta Pusat, Selasa, (7/5/2019).

Sebagai lembaga yang menjadi tumpuan pemberantasan korupsi, Irma juga berharap KPK steril dari politik. Kepentingan politik di KPK menurutnya, selain bisa membelah antar penyidik, juga bisa membuat lembaga ini tidak profesional dalam menangani kasus.

"Makanya, ketika ada indikasi oknum KPK yang bermain politik, maka ia harus diklarifikasi. Jika terbukti berpolitik maka perlu mendapatkan sanksi yang sesuai," jelasnya.

“Seharusnya KPK lebih menjaga hal-hal dari politik praktis. Jika ada penyidik KPK berpolitik praktis itu akhirnya akan membuat masyarakat tidak percaya lagi pada KPK,” tambahnya.

Selain itu, politisi Nasdem ini, berharap KPK dapat menyelesaikan masalah internal itu. Sebab sempat berkembang isu di tengah masyarakat bahwa ada penyidik yang cenderung memihak salah satu pasangan calon di Pilpres yang berlangsung beberapa waktu lalu.

"Isu ini diharapkan diselesaikan dengan prosedur yang benar agar tidak menjadi polemik yang berkepanjangan di tengah masyarakat," tuturnya.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9243 seconds (0.1#10.140)