Pemilu Serentak 2019 Dinilai Sejarah Terbesar Demokrasi Indonesia

Senin, 06 Mei 2019 - 19:39 WIB
Pemilu Serentak 2019 Dinilai Sejarah Terbesar Demokrasi Indonesia
Pemilu Serentak 2019 Dinilai Sejarah Terbesar Demokrasi Indonesia
A A A
JAKARTA - Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2019 telah dilalui dengan demokratis, aman dan damai. Pemilu tahun ini akan menjadi sejarah terbesar pesta demokrasi di Indonesia, dan kita patut bersyukur telah melaluinya dengan lancar.

Hal ini dikatakan oleh Koordinator Aliansi Abadi Indonesia, Hayum Talaohu. Menurutnya, atas kelancaran Pemilu 2019, segenap elemen masyarakat perlu memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada penyelenggara Pemilu yaitu Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Kita, rakyat Indonesia menjadi saksi bagaimana perjuangan penyelenggara pemilu, KPU, telah mempersiapkan dan menyelenggarakan Pemilu terbesar sepanjang sejarah Indonesia," kata Hayum, Senin (6/5/2019).

Meskipun demikian diakui Hayum, pihaknya bersedih dan berduka karena perjuangan penyelenggara pemilu sampai jatuh korban jiwa. Tercatat sampai saat ini, jumlah petugas KPPS yang meninggal dunia setelah mereka bertugas pada Pemilu 2019 bertambah menjadi 474 orang.

"Mereka adalah pejuang demokrasi yang patut diberikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi oleh seluruh rakyat Indonesia," ucap Hayum.

Lebih lanjut dia mengatakan, pemilu telah selesai, saatnya semua mengawal proses penghitungan dengan damai dan tetap menjaga kondusifitas. Selain itu rakyat kembali bekerja, mahasiswa dan pelajar kembali belajar, ulama, ustaz dan pemuka agama kembali merawat keberagaman dan menjauhi tindakan provokatif.

"Kita menunggu penetapan hasil pemilu pada 22 Mei yang akan datang sambil menjaga diri, menjaga akhlak dan menjaga masyarakat, khususnya di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini," tandasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7908 seconds (0.1#10.140)