Siapkan TNI AL Hadapi Era Navy 4.0, Seskoal-ITB Jalin Kerja Sama

Jum'at, 03 Mei 2019 - 20:01 WIB
Siapkan TNI AL Hadapi Era Navy 4.0, Seskoal-ITB Jalin Kerja Sama
Siapkan TNI AL Hadapi Era Navy 4.0, Seskoal-ITB Jalin Kerja Sama
A A A
JAKARTA - Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) menjalin kerja sama mewujudkan TNI AL di Era Revolusi Industri 4.0 atau Navy 4.0. Piagam Perjanjian Kerja Sama (PKS) ditandatangani oleh Komandan Seskoal Laksda TNI Amarulla Octavian dan Rektor ITB Kadarsah Suryadi, di hadapan para pejabat utama Seskoal dan staf ITB.

Komandan Seskoal Laksda TNI Amarulla Octavian mengatakan, dalam waktu dekat kedua institusi akan memasuki tahap finalisasi pembuatan program aplikasi (start up) Ocean Crime Prevention System (OCTOPUS) untuk meningkatkan efektivitas operasi laut yang digelar TNI AL.

"Program aplikasi tersebut memiliki keunggulan mampu memperkirakan wilayah perairan mana saja yang rawan terhadap berbagai bentuk pelanggaran dan tindak pidana di laut selama tiga hari ke depan," ujarnya, Jumat (3/5/2019).

Octavian menyebut, kerja sama di bidang pendidikan meliputi pertukaran dosen dalam beberapa mata kuliah tertentu, pertukaran dosen dalam penyusunan tesis dan disertasi, program seat in bagi para Perwira Mahasiswa Seskoal dan mahasiswa ITB.

Selain itu, kerja sama di bidang penelitian yang meliputi penelitian bersama untuk pengembangan teknologi tanpa awak di laut baik UAV, USV (Unmanned Surface Vehicle) maupun USSV (Unmanned Sub Surface Vehicle), naval nano technology untuk konstruksi pangkalan TNI AL dan pangkalan marinir sesuai military specification.

Kerja sama juga meliputi akses perpustakaan (e-library) dan publikasi artikel-artikel ilmiah pada jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi. Tidak hanya itu, para Perwira Mahasiswa dan dosen Seskoal juga memperoleh kesempatan untuk memanfaatkan beberapa laboratorium ITB untuk kepentingan penelitian dan penyusunan tesis.

"Rencana kerja sama ke depan yang saling menguntungkan juga diproyeksikan sebagai bagian terintegral Seskoal untuk meraih akreditasi internasional," pungkasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1169 seconds (0.1#10.140)