alexametrics

Demokrat: Jangan Tanggung-tanggung jika Mau Pindahkan Ibu Kota

loading...
Demokrat: Jangan Tanggung-tanggung jika Mau Pindahkan Ibu Kota
Politikus Demokrat Ferdinand Hutahaean mengusulkan ibu kota dipindah ke wilayah Indonesia Timur. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean menilai wacana pemindahan ibu kota belakangan ini bukan hal baru. Dikatakan Ferdinand, pemindahan ibu kota itu merupakan wacana lama.

"Bahkan dari zaman Bung Karno wacana ini sudah pernah ada," ujar Ferdinand kepada SINDOnews, Kamis (2/5/2019).

Kendati demikian, diakuinya, pemindahan ibu kota itu diperlukan untuk mempercepat pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Republik Indonesia. Dia mengusulkan agar ibu kota itu dipindah dari Jakarta ke wilayah Indonesia Timur.



"Saya setuju untuk wilayah ibu kota ini dipindah ke wilayah Indonesia Timur. Jangan tanggung-tanggung. Harus di Indonesia timur, sehingga pergeserannya bisa merata ke sana," pungkasnya.

Diketahui, wacana pemindahan ibu kota itu kembali bergulir. Penyebabnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat kabinet terbatas di kantornya, beberapa hari lalu khusus membahas rencana pemindahan ibu kota.

Sejauh ini, wilayah yang dikabarkan menjadi target ibu kota baru itu adalah Palangkaraya Kalimantan Tengah, dan Jonggol, Bogor, Jawa Barat.

Sedangkan berdasarkan analisa Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), pemindahan ibu kota itu membutuhkan sekitar Rp466 Triliun.
(dam)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak