1.108 Petugas Haji Arab Saudi Disuntik Vaksin Meningitis

Rabu, 01 Mei 2019 - 22:06 WIB
1.108 Petugas Haji Arab Saudi Disuntik Vaksin Meningitis
1.108 Petugas Haji Arab Saudi Disuntik Vaksin Meningitis
A A A
JAKARTA - Sebanyak 1.108 petugas haji Arab Saudi disuntik vaksin meningitis di Gedung Serbaguna 2 Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Selasa (1/5/2019). Suntikan vaksin ini wajib bagi jamaah dan petugas haji yang akan berangkat ke Tanah Suci.

Para petugas haji yang terdiri dari beragam profesi, seperti TNI/Polri, dokter, perawat, pembimbing ibadah, dan jurnalis mengantre untuk mendapatkan suntikan vaksin meningitis. Petugas dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) diterjunkan untuk menyuntikkan vaksin tersebut ke lengan para petugas yang memakai baju seragam hitam putih berdasi.

Kepala Bidang Upaya Kesehatan Lintas wilayah Soekarno-Hatta, Ade Irma mengatakan suntikan vaksin meningitis disyaratkan oleh Pemerintah Arab Saudi bagi jamaah haji dan umrah. Vaksinasi ini fungsinya membangun sistem imunitas dalam tubuh seseorang.

"Karena di sana nanti banyak orang yang datang dari berbagai negara, yang meningitis menjadi endemis, takut tertular," kata Ade Irma.

Untuk diketahui, meningitis adalah peradangan otak dan syaraf tulang belakang yang disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, jamur, atau parasit. Gejala awalnya mirip flu, seperti pusing dan demam, namun bisa menimbulkan kejang dan kaku pada leher.

Selain meningitis, sebagian petugas juga disarankan suntik vaksin influenza. Vaksin ini tidak wajib tapi dianjurkan bagi jamaah dan petugas haji. Setelah disuntik, para petugas mendapatkan buku kuning tanda vaksinasi yang berlaku hingga 2021.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6057 seconds (0.1#10.140)