alexametrics

BMKG Ingatkan Masyarakat Waspada Adanya Potensi Hujan Lebat

loading...
BMKG Ingatkan Masyarakat Waspada Adanya Potensi Hujan Lebat
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan lebat dalam tiga hari kedepan (25 sampai 27 April 2019) di wilayah Indonesia. Foto/Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A+ A-
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan terjadi hujan lebat dalam tiga hari ke depan (25 sampai 27 April 2019) di wilayah Indonesia.

BMKG memantau terdapat pusat tekanan rendah di Samudra Hindia Barat Daya Sumatera dan Perairan Barat Aceh dan sirkulasi siklonik di Sulawesi Barat.

Serta konvergensi di Laut Sulawesi hingga Selat Makassar dan Kalimantan Timur. Belokan angin terdapat di Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Sulawesi Utara.



Beberapa wilayah seperti Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Lampung, Banten, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Papua berpotensi hujan lebat hari ini.

"Sedangkan untuk esok hari (27/4), hujan lebat berpeluang terjadi di Sumatera Barat, Riau, Jambi, Lampung, Banten, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara dan Papua," kata Taufan Maulana Kabag Humas BMKG, Jumat (26/4/2019).

Dari pantauan BMKG, terdapat beberapa wilayah Indonesia lainnya juga berpeluang terjadi hujan dengan intensitas lebat disertai angin kencang dan kilat/petir pada hari ini (26/4).

Daerah tersebut di antaranya Aceh, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Maluku Utara dan Maluku.

"Sedangkan untuk esok hari (27/4) wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai kilat / petir dan angin kencang meluas ke beberapa wilayah seperti Aceh, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Barat," tambahnya.

BMKG terus mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir/kilat tersebut untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak