alexametrics

Soal PAN, TKN Sebut Koalisi Akan Dibahas Setelah Rekapitulasi Pilpres

loading...
Soal PAN, TKN Sebut Koalisi Akan Dibahas Setelah Rekapitulasi Pilpres
Sekretaris TKN pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto menilai orientasi parpol bergabung atau mengubah dukungan pernah terjadi sebelumnya. Foto/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - Wakil Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Bara Hasibuan mengatakan pihaknya mempertimbangkan arah dukungan partainya setelah Pemilu 2019. Hal itu dikatakan Bara menanggapi pertemuan Ketum PAN, Zulkifli Hasan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Merespona hal ini, Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto menilai orientasi parpol bergabung atau mengubah dukungan pernah terjadi sebelumnya.

Namun Hasto mengatakan karena menyangkut koalisi maka Capres Jokowi yang akan memiliki kebijakan dengan berkonsultasi dengan para ketua umum parpol koalisi.



"Karena membentuk koalisi ini juga memiliki sebuah tanggung jawab terhadap janji kampanye untuk memastikan agar seluruh janji kampanye bisa berjalan dengan baik selain kalkulasi stabilitas dan efektifitas pemerintahan," ujar Hasto di Rumah Aspirasi, Menteng, Jakarta, Kamis (25/4/2019).

Dikatakan Hasto, pada pasca Pemilu 2014 lalu, alih dukungan kepada pemerintahan Jokowi juga dilakukan Golkar, PPP dan PAN. Namun Hasto memastikan bahwa fokus parpol koalisi dan tim pemenangan saat ini adalah mengawal suara yang sudah diraih pasangan Jokowi-Ma'ruf.

Menurut Sekjen DPP PDIP ini, bicara koalisi dan dukungan parpol akan dibahas setelah rekapitulasi Pilpres 2019 selesai dilakukan dan hasilnya diumumkan KPU. Hasto percaya, semangat membangun Indonesia adalah dengan gotong royong, meskipun saat ini jumlah kursi dukungan kepada Jokowi mencapai 90%.

"Tapi apakah nanti ada proses rekonsiliasi konfigurasi, sepenuhnya nanti setelah penetapan presiden dan wakil presiden dilakukan," pungkasnya.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak