Gus Yaqut: Kontestasi Selesai, Mari Bersama Membangun Kejayaan Indonesia

Kamis, 25 April 2019 - 19:13 WIB
Gus Yaqut: Kontestasi Selesai, Mari Bersama Membangun Kejayaan Indonesia
Gus Yaqut: Kontestasi Selesai, Mari Bersama Membangun Kejayaan Indonesia
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor Yaqut Cholil Qoumas menyerukan semua pihak untuk bersatu membangun kejayaan Indonesia.

"Kontestasi sudah selesai. Saatnya untuk semuanya kembali ke aktivitas masing-masing dan bersama membangun Indonesia. Mari lupakan Pilpres, mari bersatu kembali. Beda pilihan biasa dalam demokrasi, persatuan yang utama. Indonesia ini milik semua, harus kita jaga dan junjung bersama agar Indonesia lebih maju," tandas Yaqut dalam acara Tasyakuran Harlah ke-85 Gerakan Pemuda Ansor, di kantor Pimpinan Pusat GP Ansor, Rabu (24/4/2019) malam.

Menurutnya, kalau masih belum menerima dengan hasilnya sudah ada mekanisme hukum yang mengatur, bukan dengan ancaman people power. "Silakan tempuh jalur hukum. Semua harus konstitusional," ujarnya.

Gus Yaqut, sapaan akrabnya, kembali mengingatkan negeri ini didirikan oleh seluruh elemen bangsa dari beragam latar belakang agama, suku, golongan, maupun etnis. Sehingga, tidak boleh ada klaim atas nama apa pun.

"Selain didirikan para kiai, Indonesia juga didirikan oleh tokoh-tokoh beragam agama dan suku lainnya. Tidak ada Indonesia kalau tidak ada Islam, Kristen, Katolik, Buddha, Hindu. Tidak ada Indonesia kalau tidak ada Jawa, Sunda, Batak, Minang, hingga Papua," katanya.

Di sisi lain, Gus Yaqut menegaskan, Ansor dan Banser akan terus berkhidmat untuk para kiai dan Indonesia. Karena Indonesia adalah darah daging para kiai. Oleh karena itu, kader Ansor dan Banser tidak ragu untuk berada di depan membela dan mendukung para kiai.

Gus Yaqut menjelaskan, itulah kenapa pihaknya mendeklarasikan gerakan Rabu Putih pada 24 Maret lalu di Bojonegoro, Jawa Timur, untuk mendukung Kiai Ma'ruf.

"Ada yang bilang Ansor dan Banser terlibat dalam politik praktis. Saya katakan tidak. Ansor, Banser tidak berpolitik. Kita membantu kiai kita yang punya hajat. Sebagai santri wajib hukumnya membantu kiai. Apalagi kiai kita sedang berkontestasi, nggak perlu diminta sudah pasti kita bantu. Ini soal menjaga marwah kiai," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu Gus Yaqut mengucapkan terima kasih kepada seluruh kader Ansor dan Banser yang sudah berpartisipasi dalam pemilu serentak dengan ikut membantu aparat dalam mengamankan pemilu.

Sementara, hadir dalam acara tersebut Sekretaris Jenderal PP GP Ansor, jajaran pimpinan dan pengurus, kader Ansor dan Banser, serta tamu undangan.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5599 seconds (0.1#10.140)