Dua Bulan Lagi Berangkat Haji, Calhaj Diminta Sering Jalan Kaki

Kamis, 25 April 2019 - 17:53 WIB
Dua Bulan Lagi Berangkat Haji, Calhaj Diminta Sering Jalan Kaki
Dua Bulan Lagi Berangkat Haji, Calhaj Diminta Sering Jalan Kaki
A A A
JAKARTA - Calon jamaah haji (calhaj) asal Indonesia akan mulai diberangkatkan ke Tanah Suci pada 7 Juli 2019 mendatang. Itu artinya sekitar dua bulan lagi terhitung dari sekarang.

Untuk itu, calon jamaah haji diminta untuk mulai melakukan persiapan, utamanya terkait kesehatan. Calhaj harus mulai rajin berolahraga dan berperilaku hidup sehat.

"Jamaah haji supaya periksa kesehatannya dengan baik, lakukan pembinaan, latihan olahraga sering-sering," kata Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Eka Yusuf Singka usai memberikan pembekalan petugas haji Arab Saudi di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Kamis (25/4/2019).

Menurutnya, olahraga yang cocok dilakukan adalah jalan kaki dengan kecepatan sedang selama 30 menit pada pagi dan sore. Jalan kaki minimal dilakukan tiga kali dalam sepekan.

Selain olahraga, yang perlu dijaga adalah pola hidup sehat. Calhaj harus menghindari makanan-makanan yang bisa menimbulkan penyakit.

"Makanan tergantung penyakitnya. Kalau dia hiperkolesterol ya jangan banyak-banyak makan daging dan sebagainya," katanya.

Eka optimistis tidak ada hal yang mengkhawatirkan dari kondisi kesehatan calon jamaah haji.

"InsyaAllah jika semua pihak memberikan penyuluhan yang baik kepada jamaah haji, saya yakin jamaah haji kita semakin hari semakin pintar dan semakin tahu menjaga dirinya," katanya.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5379 seconds (0.1#10.140)