alexametrics

MNC Media dan BMKG Teken MoU Terkait Peringatan Dini Bencana

loading...
MNC Media dan BMKG Teken MoU Terkait Peringatan Dini Bencana
MNC Media dan BMKG menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding, untuk memberikan informasi peringatan dini bencana dengan BMKG. Foto/MNC Media
A+ A-
JAKARTA - MNC Media dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU). Kesepahaman itu dilakukan sebagai upaya untuk memberikan informasi peringatan dini bencana dengan BMKG.

"MoU MNC bersama BMKG adalah komitmen kami dari MNC untuk terus menyiarkan early warning sistem atau peringatan dini bencana, kita kerja sama dengan BMKG dan ini menjadi penting bagi kami sebagai mitra masyarakat berbagai media di MNC Group," kata Pemimpin Redaksi iNews TV, Yadi Hendriyana, di Hotel Mercure Ancol Jakarta Utara, Rabu (24/4/2019).

Dia menjelaskan, kerja sama dengan BMKG juga merupakan komitmen MNC Media sebagai mitra informasi masyarakat. Harapannya, masyararat sadar akan bahaya bencana.



"Supaya masyarakat juga aware ketika bencana dan apa dampak bencana tersebut," ujar Yadi.

Kerja sama tersebut, dia mengungkapkan, melingkupi berbagai hal di antaranya kecepatan informasi. Masyarakat selain mendapat edukasi terkait bencana juga mendaptkan informasi secara cepat melalui media.

"Kerja sama ini melingkupi banyak hal termasuk informasi yang cepat dengan media MNC Group supaya dapat cepat menyiarkan baik televisi radio maupun media online, koran dan lainnya, itu yang kami lakukan," tuturnya.

Yadi mengungkapkan, MNC media sebelumnya telah rutin memberikan informasi adanya bencana alam yang terjadi di berbagai daerah.

"Secara rutin kita lakukan misalkan ada gempa bumi atau tsunami kami early warning sistem yang masuk sistem kami dan kami langsung memancarkan siaran kemudian juga breaking news juga menjadi lebih cepat lagi. Ini bisa membuat masyarakat lebih waspada lagi terhadap bencana yang akan terjadi," katanya.

Sementara Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menjelaskan, sebagai salah satu elemen dari sistem yang besar untuk menjaga keselamatan dan kesejahteraan, mensyaratkan BMKG bekerja sama dengan pihak terkait. Salah satunya adalah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan MNC Media.

"Itu (MoU ) sangat penting untuk menyebarluarkan informasi," katanya.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak