alexametrics

Eks Komisioner KPK Nilai Pemilu 2019 Terburuk Sejak Era Reformasi

loading...
Eks Komisioner KPK Nilai Pemilu 2019 Terburuk Sejak Era Reformasi
Penyelenggaraan Pemilu 2019 disoroti oleh mantan Komisioner KPK, Bambang Widjojanto. Menurut BW, Pemilu 2019 adalah Pemilu yang terburuk sejak era reformasi. Foto/SINDOphoto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Penyelenggaraan Pemilu 2019 disoroti oleh mantan Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bambang Widjojanto. Menurut pria yang akrab disapa BW ini, Pemilu 2019 adalah Pemilu yang terburuk sejak era reformasi.

"Pemilu kali ini disebut sebagai pemilu terburuk pasca reformasi," ujar BW di Kawasan SCBD, Jakarta, Minggu (21/4/2019).

Sebab, kecurangan Pemilu 2019 dianggap terjadi secara terstruktur, sistematis, dan masif (TSM). "Sekarang saya mendengar dari BPN sedang mengumpulkan begitu banyak potensi kecurangan yang ada hampir di seantero nusantara," ujarnya.



Maka itu, dia khawatir bahwa yang menjadi presiden nantinya bukan peraih suara terbanyak pada Pilpres 2019. "Kalau itu terjadi sebenarnya kita sedang mendorong negara ini sampai di bibir jurang, karena ini berbahaya sekali," ujarnya.

Selain itu dia mengingatkan, bahwa kualitas Pemilu ditentukan oleh kejujuran, bukan kerahasiaan.

"Jadi sekarang terjadi masivitas dalam tanda kutip intimidasi yang dilakukan secara sistematis dihampir seantero masyarakat. Itu poin kedua yang menjadi penting," ujarnya.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak