alexametrics

Gelar HUT ke-67, Kopassus Gelar Lomba Komando Warriors III

loading...
Gelar HUT ke-67, Kopassus Gelar Lomba Komando Warriors III
Kopassus menggelar lomba ketahanan fisik dan mental Komando Warriors III, di Taman Budaya, Sentul, Bogor pada 27 April mendatang. Foto/KORAN SINDO/Sucipto
A+ A-
JAKARTA - Kopassus kembali menggelar lomba ketahanan fisik dan mental Komando Warriors III, di Taman Budaya, Sentul, Bogor pada 27 April mendatang.

Kegiatan yang mengambil tema Komando Warriors for Unity ini diselenggarakan untuk memperingati HUT ke-67 Kopassus.

Ketua Panitia Komando Warriors lll Kapten Infanteri Gerry Haikal Cholid menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan sinergitas antara TNI dan masyarakat sekaligus mengajak penggemar tantangan untuk mencicipi latihan ala Kopassus.



“Harus punya fisik dan mental yang prima karena sangat menantang. Meski begitu, ajang ini dijamin aman,” ujar Gerry Sabtu (20/4/2019).

Menurut dia, tahun ini merupakan tahun ketiga Kopassus menggelar Komando Warriors. Berbeda dengan tahun sebelumnya, Komando Warriors kali ini ada 17 rintangan atau obstackle yang harus dilewati oleh para peserta.

Dari jumlah tersebut, beberapa di antaranya merupakan tantangan baru seperti, vertical cargo. Peserta harus melewati rintangan berupa tali setinggi 3 meter dengan lebar 5 meter dengan cara memanjat dan turun melalui sisi sebelahnya.

“Mereka yang gagal melewati rintangan ini akan dikenakan hukuman,” katanya.

Tantangan baru lainnya adalah, water crossing dimana peserta harus melewati tantangan melewati sungai sepanjang 30 meter. Kemudian, peserta juga harus melewati tantangan Piramid dan Multiple Pool.

Menurut dia, yang menarik dalam Komando Warriors kali ini adalah shooting atau menembak pelat baja dengan menggunakan senjata asli, yakni HK 416.

“Ini yang membedakan karena memakai senjata sungguhan menggunakan amunisi MU UTMsebanyak 3 butir. Setiap peserta memiliki kesempatan untuk menembak sasaran pelat baja sebanyak tiga kali,” tutur Gerry.

Untuk memberikan rasa aman, kata dia, pihaknya akan menempatkan pengawas untuk mendampingi peserta yang akan menembak. Termasuk menyediakan peralatan perlindungan seperti kaca mata dan penutup telinga.

“Ini akan memberikan pengalaman tersendiri bagi peserta karena bisa menggunakan senjata asli. Amunisinya bukan peluru hampa atau tajam tapi cat kaya karet. Ini berbeda dengan senjata airsoft gun,” ucapnya.

Senada, Wakil Panitia Kapten Infanteri Dedy Agung Prabowo menargetkan jumlah peserta Komando Warriors lll sebanyak 1.500 orang. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya 786 peserta. Ajang ini untuk kategori pelajar usia 13-17 tahun dan kategori umum. Adapun waktu cut of time (COT) yang diberikan kepada peserta adalah 3 jam.

“Total hadiah yang disediakan sebanyak 136 juta,” katanya
(dam)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak