alexametrics

Bawaslu Ajak Bersabar Tunggu Hasil Rekapitulasi Suara Pemilu

loading...
Bawaslu Ajak Bersabar Tunggu Hasil Rekapitulasi Suara Pemilu
Ketua Bawaslu Abhan bersiap mengikuti rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, 13 Maret 2019. Foto/SINDOnews/Yulianto
A+ A-
JAKARTA - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Abhan mengimbau seluruh pihak untuk menunggu hasil rekapitulasi penghitungan suara Pemilihan Umum 2019.

Hal itu disampaikannya menyikapi deklarasi kedua kubu pasangan calon presiden dan wakil presiden yang saling mengklaim kemenangan dan menggelar deklarasi.

“Seperti tadi kami sampaikan harapan kami, imbauan kami untuk semua pihak untuk sabar menunggu proses yang sedang berjalan, ya kita ikuti proses ini sampai pada tahapan jadwalnya kan,” ujar Abhan di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Sabtu (20/4/2019).



Mengenai dua kubu yang telah menggelar deklarasi, Abhan menyebut hal itu tak masuk kedalam pelanggaran pemilu. Namun yang terpenting kedua kubu untuk menunggu hasil akhir penghitungan dari KPU.

“Enggak, bukan persoalan pelanggaran pemilunya, tapi saya kira, harapan kami adalah untuk bisa sabar menunggu,” tegasnya.

Selain itu, Abhan menyebut, yang paling penting saat ini yakni seluruh pihak untuk mengawasi perhitungan rekapitulasi form C1 dari berbagai kecamatan yang sudah disetorkan oleh setiap tempat pemungutan suara (TPS). Hal itu untuk mengantisipasi kesalahan data terkait proses penghitungan suara.

“Awasi betul, jangan sampai kalau ada hal-hal yang tidak kita inginkan misalnya ada data salah, kemudian tanpa terkoreksi,” tuturnya.
(dam)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak