alexametrics

Rumah Sakit Siap Tampung Caleg Stres

loading...
Rumah Sakit Siap Tampung Caleg Stres
Rumah Sakit Siap Tampung Caleg Stres. (Ilustrasi. SINDOphoto).
A+ A-
BANDUNG - Sejumlah rumah sakit (RS) menyatakan siap menampung para calon anggota legislatif (caleg) yang diduga stres akibat kalah dalam Pemilu Serentak 2019.

Salah satunya Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jabar atau RSJ Cisarua yang sudah menyiapkan ruangan perawatan khusus atau very important person (VIP) untuk menangani pasien gangguan kejiwaan yang merupakan calon anggota legislatif (caleg) gagal pada Pileg 2019.

“Kalau nanti ada kejadian caleg yang stres dan perlu dirawat, kami sudah menyediakan ruangan VIP,” ungkap Kepala Bidang Keperawatan RSJ Cisarua Nining Mariam di Bandung, Jawa Barat, kemarin.



Nining mengatakan, berdasarkan pengalaman sebelumnya, memang tidak ada pasien jiwa yang sebelumnya berstatus caleg. Namun, RSJ Cisarua yang berlokasi di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB), telah menyiapkan ruangan untuk antisipasi.

“Kami tidak menyediakan secara khusus karena dari pengalaman sebelumnya tidak ada pelonjakan kunjungan pasien yang mengatas namakan caleg. Mungkin saja ada kunjungan rawat jalan ke RSJ, tapi tidak mengatasnamakan caleg,” ungkapnya.

Kalaupun nanti ada kejadian caleg stres dan perlu dirawat, maka RSJ sudah menyediakan lima ruang perawatan VIP. Selain untuk caleg, RSJ Cisarua juga siap merawat para tim sukses (timses) stres akibat calon yang didukungnya kalah.

“Selain para caleg, RSJ juga siap menampung para tim sukses yang terindikasi stres, termasuk pendukung fanatik calon. Mereka kalau perlu perawatan, kami juga siap untuk menampung.

Pokoknya, kami menangani semua yang akan dirawat yang mengalami gangguan jiwa akibat pemilu. Namun, penanganannya bergantung indikasi dokter untuk memutuskan harus dirawat inap atau kalau hanya cukup rawat jalan,” kata Nining.

Terkait biaya, Nining mengatakan, pasien bisa menggunakan layanan BPJS Kesehatan atau asuransi kesehatan lain. “(Pembiayaan) yah tergantung pasien. Kalau punya BPJS atau asuransi lain, bisa digunakan. Kalau tidak, yah masuknya umum,” ujarnya. Hal yang sama juga di lakukan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Harjono Ponorogo yang mengaku siap menampung para caleg stres.

“Kami siap menampung caleg yang stres karena kalah dalam Pemilu 2019,” kata Kabid Pelayanan RSUD dr Hardjono, dr Siti Nurfaidah. Siti mengaku, psikiater khusus telah disiapkan di RSUD dr Harjono. Namun, tidak ada ruang khusus yang disediakan bagi para caleg yang mengalami tekanan jiwa tersebut.

“Intinya, kami siap menampung sesuai kelas pelayanan. Tapi juga perlu disesuaikan dengan kondisi penyakit kejiwaan yang dialami,” paparnya. Menurut Siti, para psikiater nantinya akan mengklasifikas ikan penyakit kejiwaan yang dialami caleg sebelum merawat, apa kah kategori ringan, sedang, atau berat.

“Kalau hanya ringan dan sedang, bisa difasilitasi RSUD dr Harjono. Jika sudah berat, nanti perlu isolasi. Itu akan kami rujuk di RSJ terdekat. Misal di RSJ Solo atau RSJ Menur,” paparnya. (Agus Warsudi/Ant)
(nfl)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak