MUI: Tunggu Hasil Pemilu dengan Tenang dan Jaga Persaudaraan

Jum'at, 19 April 2019 - 05:57 WIB
MUI: Tunggu Hasil Pemilu dengan Tenang dan Jaga Persaudaraan
MUI: Tunggu Hasil Pemilu dengan Tenang dan Jaga Persaudaraan
A A A
JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengajak masyarakat tenang dan sabar dalam menanti hasil akhir hitungan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sekretars Jenderal MUI KH Anwar Abbas menyampaikan lima imbauan pasca pemungutan suara Pemilu 2019 pada Rabu 17 April 2019.

Pertama, MUI mengimbau seluruh elemen masyarakat tetap tenang dan selalu berusaha menjaga ukhuwah dan tali persaudaraan yang ada.

"Tidak melakukan hal-hal yang bisa merusak persatuan dan kesatuan kita sebagai bangsa," katanya melalui keterangan tertulisnya pasca pemungutan suara 17 April 2019.

Kedua, kata Anwar, meskipun sudah ada lembaga-lembaga tertentu yang melakukan hitung cepat (quick count), MUI mengharapkan agar masyarakat tidak merespons secara berlebihan. "Sebagai dasar dan acuan tetap adalah hasil penghitungan resmi dari KPU," katanya.

Ketiga, MUI mengimbau seluruh elemen masyarakat untuk memberikan waktu dan kesempatan kepada KPU agar bisa berkerja dengan tenang. Ini agar memungkinkan KPU untuk dapat menghitung suara yang ada dengan baik dan bisa dipertanggung jawabkan.

Keempat, MUI mendukung KPU bekerja secara profesional, jujur, adil, transparan dan akuntabel sehingga masyarakat bisa menerima hasil pemilu ini dengan ikhlas dan legowo.

Kelima, bila setelah KPU mengumumkan hasil perhitungannya lalu ada yang keberatan, MUI mengimbau agar persoalan tersebut diselesaikan melalui jalur hukum dengan mengajukan gugatan sesuai dengan yang telah ditentukan dalam peraturan perundangan yang ada.

"Terima kasih kepada semuanya telah menjaga keamanan di daerah masing-masing," katanya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9265 seconds (0.1#10.140)