alexametrics

Masih Ada Potensi Hujan Lebat, BMKG Imbau Masyarakat Waspada

loading...
Masih Ada Potensi Hujan Lebat, BMKG Imbau Masyarakat Waspada
MKG mengeluarkan informasi peringatan dini cuaca terbaru hari ini, Kamis (18/4/2019) hingga dua hari ke depan, Sabtu 20 April 2019. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan informasi peringatan dini cuaca terbaru pada Kamis (18/4/2019) hingga dua hari ke depan, Sabtu 20 April 2019.

Walaupun sudah memasuki awal musim kemarau tetapi masih ada beberapa wilayah yang memiliki potensi hujan lebat hingga dua hari ke depan antara lain Sumatera Utara, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Papua Barat dan Papua.

Sedangkan untuk wilayah lainnya harus diwaspadai terjadinya hujan lebat yang disertai angin kencang, petir, antara lain wilayah Aceh, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan.



"Selain itu untuk tanggal 20 April potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang akan meluas ke Sulawesi Utara dan Maluku," tutur Kepala Bagian Hubungan Masyarakat BMKG, Taufan Maulana, Kamis (18/4/2019).

BMKG juga mengimbau untuk selalu waspada dampak hujan lebat yang disertai angin kencang dan kilat atau petir karena dapat menumbangkan pohon maupun baliho, menimbulkan banjir.

"BMKG akan terus meng-update informasi peringatan dini cuaca dan menginformasikan kepada masyarakat, serta diharapkan masyarakat dapat selalu mengakses informasi dari BMKG melalui aplikasi 'infoBMKG' yang dapat didownload melalui Play tore dan Apps store," tuturnya.

Sementara itu, wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi wilayah yang diperkirakan tidak turun hujan selama dua hari kedepan.

"Menurut pantauan BMKG, massa udara basah lapisan rendah terkonsentrasi di sebagian besar wilayah Indonesia kecuali NTB dan NTT," kata Taufan.
(dam)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak