Menko Polhukam Sampaikan Apresiasi Pemilu 2019 Berjalan Tertib

Kamis, 18 April 2019 - 13:52 WIB
Menko Polhukam Sampaikan Apresiasi Pemilu 2019 Berjalan Tertib
Menko Polhukam Sampaikan Apresiasi Pemilu 2019 Berjalan Tertib
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan, tahapan pemungutan suara dan perhitungan suara Pemilu serentak tahun 2019 telah berjalan aman, tertib, dan lancar serta damai.

Wiranto mengungkapkan, bahwa kondisi tersebut tentunya tidak terlepas dari peran serta semua pemangku kepentingan, yakni peserta pemilu, pemerintah, penyelenggara pemilu dan aparat kemananan (TNI-Polri) serta seluruh masyarakat Indonesia.

"Oleh karena itu, disampaikan apresiasi dan terima kasih setinggi-tingginya kepada semua pihak, semoga kondisi ini dapat berlanjut sampai tahapan akhir pemilu serentak 2019 selesai," ujar Wiranto dalam jumpa pers di Gedung Utama Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (18/4/2019).

Wiranto menjelaskan, selain pemilu serentak berjalan aman, tertib, dan lancar serta damai, partisipasi pemilih pun meningkat pada tahun ini. "Partisipasi pemilih mencapai 80,90% telah melampaui target yang ditetapkan RPJMN 2015-2019 sebesar 77,5%," ungkapnya.

Maka dari itu, mantan Panglima TNI ini pun menyimpulkan bahwa siapapun pemimpin yang terpilih nantinya, tingkat legitimasi akan tetap meningkat. "Bahwa siapapun Presiden yang terpilih akan memiliki legitimasi yang tinggi," tuturnya.

Sebelum jumpa pers, Wiranto bersama segenap unsur pimpinan TNI dan Polri serta pimpinan intitusi penegak hukum nasional menggelar rapat untuk membahas situasi nasional setelah pemilu serentak tahun 2019.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0214 seconds (0.1#10.140)