Animo WNI di Kanada Ikut Pemilu 2019 Meningkat

Senin, 15 April 2019 - 04:31 WIB
Animo WNI di Kanada Ikut Pemilu 2019 Meningkat
Animo WNI di Kanada Ikut Pemilu 2019 Meningkat
A A A
TORONTO - Animo warga negara Indonesia di wilayah Toronto, Kanada, memberikan suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang digelar Sabtu (13/4/2019) meningkat, dibandingkan pemilu lima tahun lalu.

Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Toronto, Dwi Kristiantoro mengatakan, sebanyak 778 pemilih datang langsung ke tempat pemungutan suara (TPS) di Kantor Konsulat JenderalRepublik Indonesia (KJRI). Toronto. Adapun sebanyak 850 pemilih mengirimkan suaranya melalui pos.

"Kami masih menunggu suara yang dikirimkan pemilih melalui pos hingga sebelum penghitungan suara 17 April 2019. Jadi, kemungkinan jumlah suara yang dikirim melalui pos akan bertambah," ujar Dwi kepada Koran SINDO kemarin.

Total pemilih yang memberikan suara di TPS 1.633 orang, sedangkan untuk total pemilih yang menggunakan metode pos sebanyak 2.213 orang. Menurut Dwi, jumlah pemilih dan animo masyarakat memberikan suaranya mengalami peningkatan dibandingkan pemilu lalu.

Pada Pemilu 2014 sebanyak 723 pemilih datang ke TPS Toronto dan sebanyak 643 orang memberikan suara melalui pos. Sedangkan jumlah partisipan sebanyak 1.408 orang.

Di samping itu, terdapat 179 pemilih yang sebelumnya tidak terdaftar di DPT TPS. Mereka kebanyakan mahasiswa. Mereka datang setelah DPT ditetapkan sehingga dimasukkan ke dalam daftar pemilih khusus. Mereka datang pada saat pemungutan suara.

"Banyak hal yang menyebabkan masyarakat tidak memberikan suara. Berdasarkan informasi yang kami terima ada yang dikarenakan pindah warga negara atau pindah tempat tinggal ke luar wilayah PPLN Toronto dan kembali ke Indonesia. Ada juga yang memang tidak menggunakan hak pilihnya alias golput," ungkapnya.

Pria asal Jawa Barat ini menungkapkan, PPLN sudah melakukan sosialisasi melalui website maupun lewat organisasi masyarakat Indonesia yang ada di sekitar wilayah Toronto. Untuk diketahui, PPLN Toronto melingkupi empat provinsi, yakni Ontario, Manitoba, Saskatchewan, dan Nunavut.

"Secara keseluruhan palaksanaan pemilu di PPLN Toronto berlangsung lancar dan aman." tukasnya.

Konsul Jenderal RI Toronto, Leonard F Hutabarat mengatakan, pelaksanaan pemilu di Toronto berlangsung sukses. "Saya mengucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara pemilu, panwaslu dan masyarakat Indonesia di Toronto dan sekitarnya," ucap dia.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7800 seconds (0.1#10.140)