alexametrics

Lewat Buku, Puskapkum Potret Dinamika Politik dan Hukum Era Jokowi

loading...
Lewat Buku, Puskapkum Potret Dinamika Politik dan Hukum Era Jokowi
Buku berjudul Politik Hukum Era Jokowi yang disusun Pusat Kajian Kebijakan Publik dan Hukum (Puskapkum). Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Tepat sepekan menjelang penyelenggaraan Pemilu 2019, Pusat Kajian Kebijakan Publik dan Hukum (Puskapkum) menerbitkan buku berjudul Politik Hukum Era Jokowi.

Direktur Eksekutif Puskapkum, Ferdian Andi mengatakan, buku tersebut menjadi dokumentasi perjalanan pemerintahan Jokowi di bidang kebijakan publik dan hukum selama 4,5 tahun terakhir.

"Buku ini merupakan rekaman dinamika politik hukum di bidang kebijakan publik dan hukum selama pemerintahan Presiden Jokowi selama 4,5 tahun terakhir ini, " ungkap Ferdian di Jakarta, Rabu 10 April 2019.



Dia menjelaskan, buku tersebut menyoroti sejumlah isu seperti reformasi legislasi, reformasi lembaga DPR, politik pemberantasan korupsi, dinamika otonomi daerah, reformasi partai politik dan pemilu, reformasi lembaga peradilan serta mengenai supremasi hukum dan HAM.

"Kekuatan isi buku ini, salah satunya membahas berbagai isu publik yang terkait langsung dengan persoalan kebangsaan dan kenegaraan," tambah Ferdian.

Di samping itu, sambung dosen Fakultas Hukum Universitas Bhayangkara Jakarta Raya ini, kekuatan lain buku setebal 300 halaman ini juga melibatkan mahasiswa sebagai penulis."Kami berkomitmen untuk melakukan kolaborasi dengan mahasiswa dalam penulisan buku ini. Setidaknya ini langkah kecil untuk menumbuhkembangkan minat literasi di kalangan mahasiswa dan generasi milenial," ungkap Ferdian.
Direktur Eksekutif Center for Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi menilai buku ini merupakan representasi dari jiwa anak muda yang dekat dengan semangat perubahan."Buku ini luar biasa, berisi letupan pemikiran hukum dan kebijakan publik oleh para akademisi muda dan mahasiswa. Muatannya autentik, analisanya tajam dan mampu memprediksikan peristiwa hukum secara presisi," tutur Uchok dalam buku tersebut.
Menurut Uchok, buku ini merupakan ungkapan kegelisahan khas anak muda yang senantiasa berpikir, bergerak, dan menawarkan sebuah perubahan.

Dia merekomendaiskan buku ini agar dibaca oleh generasi milenial yang dinamis dan inovatif. "Sangat layak dibaca oleh generasi muda," kata Uchok.

Buku tersebut dapat dimiliki melalui layanan toko berbasis daring seperti Bukalapak, Shopee serta Tokopedia. Puskapkum juga membuka layanan pembelian langsung melalui call center Puskapkum.
(dam)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak