alexametrics

Generasi Milenial Memilih Program Rumah Siap Kerja atau Kartu Pra Kerja?

loading...
Generasi Milenial Memilih Program Rumah Siap Kerja atau Kartu Pra Kerja?
Cawapres nomor urut 01 dan 02, Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno pada Debat Cawapres ketiga di Jakarta. Foto/Dok/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Dua kandidat yang akan bertarung di Pilpres 2019, telah merampungkan tiga babak debat sebelum bertarung pada 17 April mendatang. Berbeda dengan debat sebelumnya, di debat ketiga, calon wakil presiden (Cawapres) menjadi aktor utama, dan menjadi panggung penegasan bahwa kursi Wapres bukanlah pelengkap demokrasi.

CEO Makna Informasi, Rahmat Yananto memaparkan, debat ketiga kemarin merepresentasikan adu gagasan dua generasi, Sandiaga Uno Generasi X, yang dekat dengan Generasi Y (Milenial). Sementara Kiai Ma’ruf Amin sebagai perwakilan generasi Baby Boomers yang tumbuh di era pertanian dan manufaktur.

"Dalam konteks perebutan suara milenial tentu saja jarak generasi tersebut menjadi kelemahan untuk Kiai Ma’ruf. Sebaliknya, kedekatan Sandiaga Uno dengan generasi Milienial menjadi kekuatan," ujar Rahmat di Jakarta, Selasa (19/3/2019).



Salah satu kekuatan Sandi ialah ketika melontarkan gagasan tentang 'Rumah Siap Kerja' dan mengganti Ujian Nasional (UN). Rahmat menggarisbawahi, melalui kebijakan tersebut Sandiaga seolah ingin mengingatkan bahwa tamatan SMK, SMA dan Diploma menjadi penyumbang angka pengangguran.

"Tamatan sekolah-sekolah tersebut seharusnya mendapatkan kesempatan kerja yang lebih baik," sambungnya.

Selain itu, melalui dua program di atas, Sandiaga juga seakan mendeteksi adanya ketidaksesuaian kompetensi dengan kebutuhan industri (pasar).

Alhasil, Rumah Siap Kerja yang bisa berbentuk coworking, creative hub, mampu menjembatani ketidaksesuaian tersebut dalam satu pelayanan terpadu.

Dibanding Sandi, Kiai Ma’ruf justru menawarkan Kartu Pra Kerja, gagasan yang pernah disampaikan Presiden Jokowi sebagai capres 01 pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin.

"Inilah yang membedakannya dengan posisi gagasan Sandiaga tentang Rumah Siap Kerja. Rumah Siap Kerja digagas Sandiaga berdasarkan pengalamannya, yang dirumuskan relevan menjadi solusi masalah pengangguran," urainya.
(pur)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak