alexametrics

Jelang Debat Ketiga Pilpres, Jenggala Center Bedah Isu Ketenagakerjaan

loading...
Jelang Debat Ketiga Pilpres, Jenggala Center Bedah Isu Ketenagakerjaan
Jenggala Center membedah isu ketenagakerjaan menjelang debat calon wakil presiden (cawapres) yang akan digelar 17 April 2019. Foto/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Jenggala Center kembali diskusi publik tematik jilid III bertajuk Revolusi Industri 4.0 vs Ketenagakerjaan Kita.

Melalui diskusi ini, Jenggala Center membedah isu ketenagakerjaan menjelang debat ketiga Pilpres 2019 yang diikuti kedua calon wakil presiden (cawapres) pada 17 April 2019.

Narasumber diskusi adalah mantan Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi yang berbicara tentang penguatan sumber daya manusia (SDM) yang menjadi fokus dan program pemerintah dalam menghadapi industri 4.0.



Menurut Sofjan, penguatan SDM yang dicanangkan pemerintah tersebut harus mendapat dukungan semua pihak. Sebab, SDM akan menentukan masa depan Indonesia.

"Tanpa SDM payah kita. Dan ini yang direncakan pak Jokowi, bukan lagi infrastruktur, tapi SDM," tutur Sofjan di kantor Jenggala Center, Jakarta Selatan, Jumat (15/3/2019).

Sofjan mencontohan beberapa negara yang kuat karena didorong SDM. China dan Jepang adalah di antaranya. Menurut dia, Indonesia bisa saja menjadi negara kuat seperti China dan Jepang. Tapi hal itu tergantung kesiapan SDM dalam mengelola sumber daya alam Indonesia yang melimpah ini.

"Kerena bangsa kita ini kaya suber daya alam, penduduk kita banyak," katanya.

Sofjan juga memaparkan tantangan yang dihadapi Indonesia dalam menghadapi industri 4.0. Selain SDM, Sofjan menyebut tantangannya adalah tidak adanya kerjasama antara pengusaha.

"Di mana-mana du dunia ini kita berkelahi dengan manusia, bersaing bukan dengan besi. Besi-besi itu bisa kita beli," tandasnya.
halaman ke-1 dari 3
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak