KPK Tangkap Rommy, TKN Nilai Bukti Jokowi Tak Intervensi Hukum

Jum'at, 15 Maret 2019 - 14:05 WIB
KPK Tangkap Rommy, TKN Nilai Bukti Jokowi Tak Intervensi Hukum
KPK Tangkap Rommy, TKN Nilai Bukti Jokowi Tak Intervensi Hukum
A A A
JAKARTA - Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin angkat bicara menanggapi Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Romahurmuziy atau Rommy terjaring operasi tangkap tangan (OTT) oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Anggota TKN Jokowi-Ma'ruf, Inas Nasrullah Zubir mengatakan dalam debat capres-cawapres pertama pada tanggal 17 Januari 2019 lalu, Jokowi mengatakan bahwa hukum harus ditegakkan tanpa pandang bulu. Namun pernyataan Jokowi ini malah disindir Kubu 02, Prabowo-Sandi bahwa penegakan hukum di era Jokowi saat ini tak sesuai kenyataan.

"Kritikan itu juga kerapkali disampaikan dalam berbagai kesempatan oleh Prabowo yang mengatakan bahwa hukum harus ditegakkan terhadap semua golongan dan kalangan, penegakan hukum bukan untuk kalangan tertentu saja," ujar Inas dalam rilisnya yang diterima SINDOnews, Jumat (15/3/2019).

(Baca juga: KPK Sita 3 Tas Besar Berisi Barang Bukti OTT Rommy)


Inas menuturkan tuduhan Prabowo-Sandi tersebut terbantahkan karena Ketum PPP Romahurmuziy yang merupakan pengusung Jokowi-Ma'ruf dalam Pilpres 2019 terjaring OTT KPK. Dia mengklaim Jokowi tidak melakukan intervensi serta menyerahkan sepenuhnya proses hukum Rommy kepada KPK.

"Karena Jokowi memegang prinsip bahwa hukum harus ditegakkan tanpa pandang bulu," tegas Ketua Fraksi Hanura ini.

Sebelumnya, info mengenai OTT oleh KPK terhadap petinggi parpol di Kemenag Sidoarjo menemui titik terang. Polda Jawa Timur (Jatim) membenarkan bahwa yang ditangkap KPK adalah Ketua Umum PPP, Romahurmuziy (Rommy).

"Ya betul (yang ditangkap adalah Rommy)," ujar Kabid Humas Polda Jawa Timur (Jatim), Frans Barung Mangera saat dikonfirmasi wartawan di Mapolda Jatim, Jumat (15/3/2019).

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga membenarkan adanya operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan oleh penyidik KPK yang berlokasi di Jawa Timur.

"Betul ada giat KPK di Jatim, saat ini sedang dilakukan pemeriksaan oleh KPK bertempat di Polda Jatim," ujar Ketua KPK Agus Rahardjo kepada wartawan, Jumat (15/3/2019).
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6179 seconds (0.1#10.140)