alexametrics

Ketangguhan Pakde dan Keuletan Bude

loading...
Ketangguhan Pakde dan Keuletan Bude
Pakde Karwo dan Bude Khof adalah putra-putri terbaik Jawa Timur. Pakde Karwo mengajarkan kesabaran, ketangguhan. Sementara Bude Khof mengajaran keuletan seorang ibu. Foto/SINDOphoto/Ali Masduki
A+ A-
Edi Purwanto
Wartawan SINDOnews

PAKDE kata singkatan dari bapak gede. Artinya bapak gede alias pakde, kakak dari orang tua-orang tua kita. Kalau adiknya bapak disebut paklik, bapak cilik. Demikian pula dengan sapaan bude. Ibu gede. Begitu utak-atik orang Jawa.

Dulu Pakde sekarang Bude. Setahun yang lalu, slogan itu sudah terdengar dalam kampanye Bude Khofifah Indar Parawansa. Bersama Paklik Emil Elestianto Dardak-karena jauh lebih muda dari Pakde Karwo, Bude Khofifah benar-benar ngoyo untuk menang.



Dua kali maju menjadi calon gubernur pada 2008, dan 2013, bukan perkara mudah untuk maju ketiga kalinya. Butuh tekad dan modal yang kuat agar terpilih.

Suara-suara sumbang di bawah waktu itu melihat Bude Khofifah terlihat ambisius. Demikian pula dengan Paklik Emil. Karena Bude pada waktu itu gagal dua kali. Sedangkan Paklik Emil hitungannya juga baru menjabat sebagai Bupati Trenggalek.

Tapi karena para pemimpin partai sudah berkehendak apalah artinya suara rakyat. Bude Khofifah dan Paklik Emil akhirnya bersanding mau melawan Gus Ipul dan Bulik Puti.

Pada Pilgub 2008, Bude berpasangan dengan mantan Pangdam V/Brawijaya Mudjiono. Pilgub berjalan dua putaran. Pasangan yang disingkat KaJi ini kandas melawan Pakde Karwo dan Gus Ipul. KarSa meraup suara 7.729.944 (50,20%), dan KaJi meraup 7.669.721 (48,80%).

Bude Khofifah menggugat ke MK dan berbuah keputusan putaran ketiga, yaitu pemungutan ulang di Sampang dan Bangkalan. Hasil akhirnya, KarSa menang dengan 50,11 persen suara sementara Ka-Ji dengan 49,89 suara.

Bude Khofifah lagi-lagi tak gentar menghadapi persaingan Pilgub 2013. Kala itu, Bude Khof menggandeng mantan Kapolda Jatim Irjen Pol Herman S Sumawiredja. Kali ini Bude Khof kembali harus menelan pil pahit.
halaman ke-1 dari 2
preload video
BERITA TERKAIT
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak