DPR Nilai 11 Ribu Lowongan BUMN Cerahkan Ekonomi Nasional

Rabu, 13 Maret 2019 - 12:29 WIB
DPR Nilai 11 Ribu Lowongan BUMN Cerahkan Ekonomi Nasional
DPR Nilai 11 Ribu Lowongan BUMN Cerahkan Ekonomi Nasional
A A A
JAKARTA - Pembukaan pendaftaran 11.000 lowongan pekerjaan di 110 BUMN dinilai tak hanya akan mengurangi jumlah pegangguran yang kini berada di angka 5,2% dari penduduk Indonesia.

Hal itu bisa pula meningkatkan produktivitas BUMN sehingga mampu memperlihatkan kinerja positif sekaligus kian mencerahkan pertumbuhan ekonomi nasional.

Hal tersebut dinyatakan anggota DPR dari Partai Hanura, Inas Nasrullah Zubir menanggapi pembukaan pendaftaran kerja di BUMN yang berlangsung hingga Minggu 17 Maret 2019.

Kebijakan yang diambil Kementerian BUMN itu juga ditujukan untuk memperbesar jumlah lapangan pekerjaan formal yang akan memberikan banyak manfaat bagi para pekerja.

"Saat ini ada sekitar 223 proyek infrastruktur dan tiga program yang pengerjaannya membutuhkan banyak tenaga kerja yang memiliki kualifikasi tinggi. Hal itu bertujuan agar BUMN tersebut bukan saja menjadi penggerak perekonomian nasional, namun juga punya daya saing yang kuat secara global," tutur Inas, di Jakarta, Selasa (12/3/2019).

Wakil Ketua Komisi VI DPR ini menambahkan, jika 11 ribu lowongan itu diisi oleh tenaga kerja berkualitas maka akan terjadi multiplier effect yang sangat signifikan, yakni munculnya para tenaga kerja yang juga dapat menciptakan, memperkuat, mengembangkan, dan menumbuhkan UKM (Usaha Kecil dan Menengah) dan IKM (Industri kecil dan Menengah), sehingga mampu pula menyerap tenaga kerja di sektor-sektor swasta lainnya.

Berdasarkan informasi, sebanyak 11 ribu lowongan kerja itu ditujukan untuk menunjang 223 proyek infrastruktur, antara lain sektor transportasi, energi, pelabuhan, irigasi, teknologi, perumahan, dan juga pendidikan. Sementara tiga program menyangkut ketenagalistrikan, industri pesawat, dan program pemerataan ekonomi.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6200 seconds (0.1#10.140)