Sambut Revolusi Industri 4.0, Polri Modernisasi Pelayanan Publik

Selasa, 12 Maret 2019 - 19:08 WIB
Sambut Revolusi Industri 4.0, Polri Modernisasi Pelayanan Publik
Sambut Revolusi Industri 4.0, Polri Modernisasi Pelayanan Publik
A A A
JAKARTA - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) terus berupaya memodernisasi aspek pelayanan publik seiring dengan perkembangan teknologi. Apalagi saat ini sudah memasuki era industri 4.0 yang menitikberatkan pada kecanggihan teknologi.

Analisis Kebijakan Madya Bidang PID Divisi Humas Polri, Kombes Pol Asep Adi Saputra mengatakan, Polri di bawah kepemimpinan Jenderal Tito Karnavian mencanangkan tagline Promoter, yakni profesional, modern dan terpercaya.

Salah satu aspek modern itu, yakni mengandalkan kecanggihan teknologi untuk menyajikan pelayanan bagi masyarakat. Misalnya dalam meperpanjang surat izin mengemudi (SIM), STNK, hingga e-Tilang.

"Jadi tentu kepolisian harus beradaptasi dengan teknologi," kata Asep di acara HUT ke-12 Okezone di Gedung iNews Tower, Jakarta Pusat, Selasa (12/3/2019).

Saat ini, kata dia, Polri sedang menyusun big data yang diorientasikan pada kemudahan pelayanan publik. Ke depan masyarakat dapat mengurus segala sesuatunya dengan mesin, tak perlu bertemu petugas.

"Jadi, nanti enggak man to man tapi cukup bertemu dengan alat. Mudah-mudahan inu dapat meningkatkan kepercayaan publik pada kepolisian," jelas dia.

Acara perayaan HUT ke-12 Okezone mengambil tema Kolaborasi Untuk Negeri: Revolusi Industri 4.0 Menuju Society 5.0 dan IOT. Dalam acara ini turut hadir Chairman MNC Group Hary Tanoesoesibjo dan Chairwomen MNC Group Liliana Tanaja Tanoesoedibjo, CEO Okezone, Daniel Hartono dan Pemimpin Redaksi Okezone, M Budi Santosa. Turut hadir pula pihak BUMN, kementerian dan perwakilan pihak swasta.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6209 seconds (0.1#10.140)