KPU Kulonprogo Pastikan Tak Ada Masalah dengan Surat Suara

Senin, 11 Maret 2019 - 21:06 WIB
KPU Kulonprogo Pastikan Tak Ada Masalah dengan Surat Suara
KPU Kulonprogo Pastikan Tak Ada Masalah dengan Surat Suara
A A A
KULONPROGO - Cuitan Politikus Partai Demokrat Andi Arief di Twitter tentang foto kontainer dengan tulisan huruf China ditanggapi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kulonprogo. Lembaga penyelenggara pemilu di daerah ini yakin tetap terjaga kerahasiaan surat suara.

"Itu hanya kontainer saja yang berhuruf China. Kalau surat suara dari pemenang tender di Solo," ujar Ketua KPU Kulonprogo Ibah Mutiah kepada wartawan, Senin (11/3/2019).

(Baca juga: Andi Arief Kembali Bikin Heboh Soal Surat Suara, Begini Reaksi KPU)


Dijelaskannya, foto yang diunggah Andi Arief tersebut memang benar. Foto itu adalah foto ketika truk kontainer toba di Gudang KPU Kulonprogo pada hari Jumat (8/3/2019) lalu.

"Memang kontainer tulisan China. Tapi itu truk Indonesia saya ndak tahu apakah itu dulu kontainer bekas China atau bagaimana," ucapnya.

Dilanjutkanya, pengiriman surat suara ini dilakukan oleh PT Temprina Media Grafika yang ada di Solo sebagai percetakan yang ditunjuk KPU RI. Percetakan mengirimkan surat suara setelah ada petugas dari polisi yang melakukan pengawalan.

"Bahkan dalam kontainer itupun juga disegel dengan logo KPU untuk memastikan keamanan. Begitu juga proses pembukaan segel saat tiba di gudang KPU juga disaksikan oleh KPU, Bawaslu, polisi/TNI, dan sejumlah tokoh masyarakat," tandasnya.

Ibah menambahkan untuk transportasi memang menjadi kewenangan penyedia jasa. Pihaknya juga tidak mempersoalkan hal tersebut karena beranggapan itu karena truk builtup, sehinga banyak tulisan dari luar seperti China atau Jepang.

"Kita tidak sempat tanyakan, kita sadar setelah ini viral. Yang jelas surat suara asli bukan palsu,” tegasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6406 seconds (0.1#10.140)