Antam Bangun 4 Posyandu untuk Layani 1.452 Kepala Keluarga di Bogor

Kamis, 28 Februari 2019 - 16:52 WIB
Antam Bangun 4 Posyandu untuk Layani 1.452 Kepala Keluarga di Bogor
Antam Bangun 4 Posyandu untuk Layani 1.452 Kepala Keluarga di Bogor
A A A
BOGOR - Sebanyak 1.452 kepala keluarga di Desa Malasari, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor kini lebih tenang karena di wilayahnya ada 4 posyandu yang baru saja selesai dibangun.

Baru-baru ini PT Antam Tbk Unit Bisnis Pertambangan Emas Pongkor bersama warga menyelesaikan pembangunan posyandu di 4 lokasi, yakni di Kampung Keramat Banteng, Nyuncung, Pabangbon, dan Talahab.

Menurut warga setempat, pembangunan posyandu ini sangat dibutuhkan masyarakat untuk pelayanan kesehatan. “Sebelum ada posyandu ini, kegiatan pelayanan kesehatan kepada warga dilaksanakan di poskamling setempat, bahkan di rumah warga” ujar Lela Isroria, Sekretaris Desa Malasari.

Menurut Lela, kini masyarakat lebih terbantu dan akses kesehatan menjadi lebih mudah.

Mengutip profil wilayah melalui website Desa Malasari, Desa ini merupakan salah satu wilayah terluar Kabupaten Bogor. Wilayah Selatan Desa ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Sukabumi dan Provinsi Banten.

Desa ini memiliki tantangan dibidang pelayanan kesehatan karena jaraknya yang jauh dari ibukota Kecamatan Nanggung yang mencapai 17 km. Sedangkan jarak ke ibukota Kabupaten Bogor mencapai 68 km.

Bagi Antam, program pembangunan posyandu ini merupakan salah satu upaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di sekitar pertambangan.

“Pembangunan posyandu ini adalah implementasi tanggung jawab sosial Perusahaan di bidang kesehatan” tutur General Manager Antam Pongkor, I Made Mastana. Dia berharap posyandu ini dapat meningkatkan indeks kesehatan di Desa Malasari.

Menurut Made keberhasilan pembangunan posyandu ini tidak lepas dari peran seluruh warga. Ada partisipasi tenaga kerja dari masyarakat bahkan turut mendukung material bangunan.

“Kami sangat mengapresiasi warga Desa Malasari yang telah mendukung dan ikut partisipasi pembanguan posyandu ini” kata Made.

“Tidak hanya masyarakat, dukungan pun datang dari UPT Puskesmas Nanggung” tambahnya.

Made menyatakan program ini telah melalui proses Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pongkor yang disepakati oleh pihak terkait yakni Muspika Nanggung dan seluruh Aparatur Desa Kecamatan Nanggung.

Bagi Antam, Pembangunan posyandu ini merupakan salah satu komponen program Pengembangan Masyarakat Berkelanjutan yang diantaranya berorientasi untuk menyediakan layanan sosial dasar bagi masyarakat diantaranya adalah infrastuktur kesehatan.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9313 seconds (0.1#10.140)