Tak Maksimal Menangkan Jokowi-Ma'ruf, PKB Magelang Alihkan Dukungan

Rabu, 27 Februari 2019 - 23:51 WIB
Tak Maksimal Menangkan Jokowi-Maruf, PKB Magelang Alihkan Dukungan
Tak Maksimal Menangkan Jokowi-Ma'ruf, PKB Magelang Alihkan Dukungan
A A A
JAKARTA - Sebanyak 15 DPAC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menilai anggota DPR Abdul Kadir Karding tidak maksimal memenangkan Capres dan Cawapres 01, Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf Amin di daerah pemilihannya, Jawa Tengah VI yang diwakilinya.

Kecewa dengan sikap Karding, PKB Magelang mengalihkan dukungan kepada calon legislatif (caleg) PKB DPR nomor urut 2, Luqman Hakim, yang dinilai gigih dalam memperjuangkan kemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Ketua Forum DPAC PKB Magelang, Rahmat Erwanto, mengatakan, pengurus DPAC se-Kabupaten Magelang bersama para ulama dan Barisan Santri Nasionalis yang dipimpin KH. Muhammad Yusuf Chudlori (Gus Yusuf) telah mengkonsolidasikan perjuangan untuk memenangkan PKB sekaligus memastikan Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin menang mutlak di Kabupaten Magelang 17 April 2019. Pihaknya menargetkan kemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin paling sedikit 80% di Kabupaten Magelang.

"Kami kecewa dengan saudara Karding yang tidak melakukan apa-apa untuk memenangkan Jokowi-KH Ma'ruf Amin di sini. Sebagai anggota Tim Kampanye Nasional, seharusnya Karding lebih sering turun kampanye ke sini. Kalau dia hanya sibuk di atas, layak dipertanyakan apakah dia benar-benar ingin memenangkan Pak Jokowi atau hanya ingin mengejar ambisi politik pribadi dengan mendompleng kekuasaan Pak Jokowi nantinya?" kata Rahmat Erwanto dalam keterangan yang diterima SINDOnews, Rabu (27/2/2019).

Pengurus dan kader PKB di Magelang merasa beruntung karena ada sosok Gus Yusuf yang juga Ketua DPW PKB Jawa Tengah yang menjadi pendorong struktural dan spiritual untuk terus melakukan sosialisasi dan kampanye PKB dan Jokowi-KH. M'ruf Amin.

Selain itu, hadirnya Caleg PKB DPR Luqman Hakim telah memberikan harapan dan energi baru bagi perjuangan memenangkan PKB dan Jokowi-KH Ma'ruf Amin.

"Kehadiran Pak Luqman membuat kampanye kami menjadi sangat massif untuk memenangkan PKB dan Jokowi-KH. Ma’ruf Amin. Kami telah memenuhi setiap sudut di Kabupaten Magelang dengan atribut Jokowi-KH. Ma’ruf Amin. Bersama Pak Luqman, ribuan baliho Jokowi-KH. Ma’ruf Amin telah kami pasang, ratusan ribu kalender dan stiker telah kami bagikan kepada warga. Ratusan pertemuan telah kami selenggarakan. Kami juga datang ke rumah-rumah warga guna meyakinkan mereka memilih PKB dan Capres-Cawapres 01. Kami berkampanye dengan cara yang elegan," jelas Rahmat Erwanto, yang juga Caleg PKB Dapil VI DPRD Kabupaten Magaleng ini.

Menurut Forum DPAC PKB, apabila Luqman Hakim terpilih menjadi anggota DPR akan membawa perubahan lebih baik, terutama memulihkan kepercayaan kepada PKB bagi masyarakat Dapil Jawa Tengah VI yang meliputi Kabupten Magelang, Kota Magelang, Wonosobo, Temanggung dan Purworejo.

Kekecewaan Forum DPAC PKB terhadap Karding dirasakan juga kalangan kiai-kiai NU di Kabupaten Magelang. Salah satunya KH Anam Murfi Chasnafi yang biasa disapa Gus Anam. Menurut Gus Anam, selama ini Karding dinilai hanya datang ke para kiai dan turun ke daerah menjelang pemilu saja.

"KH Ma'ruf Amin yang mendampingi Pak Jokowi adalah salah satu pendiri PKB. Kiai Ma’ruf adalah Ketua Dewan Syura DPP PKB pertama kali. Dan terpenting KH. Ma’ruf Amin adalah Rois 'Am PBNU, pucuk pimpinan tertinggi di NU. Kalau ada elite PKB yang juga elite TKN Jokowi-KH. Ma'ruf Amin tidak melakukan apa-apa untuk memenangkan capres-cawapres 01 di Magelang ini, tentu sangat mengecewakan kami. Saya memahami betul kekecewaan Forum DPAC PKB terhadap Karding," katanya.

Oleh karenanya, lanjut Gus Anam, sikap politik Forum DPAC PKB Kabupaten Magelang yang mengalihkan dukungan politiknya kepada Caleg PKB DPR nomor urut 2 Luqman Hakim harus dilihat sebagai wujud loyalitas kader kepada PKB.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7076 seconds (0.1#10.140)