Tiba di Maumere, Sandiaga Uno di Sambut Tarian Soka Papak

Senin, 25 Februari 2019 - 12:47 WIB
Tiba di Maumere, Sandiaga Uno di Sambut Tarian Soka Papak
Tiba di Maumere, Sandiaga Uno di Sambut Tarian Soka Papak
A A A
MAUMERE - Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno tiba di Bandara Udara Frans Seda Maumere dari Makasar sekitar pukul 07:45 WITA, Senin (25/2/2019). Mengenakan kaos biru dan celana hitam, pasangan Capres Prabowo Subianto ini disambut dengan tarian Soka Papak, tari pengawalan atau tari penyambutan.

Tarian ini sejak zaman kerajaan dulu digunakan untuk menyambut raja atau ratu yang datang mengunjungi daerah -daerah di wilayah Sikka Maumere.

Perempuan dari berbagai usia, mengenakan baju Ungu dengan kain tenun khas Maumere sambil memegang potongan kayu di kedua tangannya, dengan ujung asesoris dari bulu kuda.

Sandi memperhatikan tarian dengan musik Maumere itu. Sesekali para penari mengeluarkan suara -suara pemompa semangat.

"Ini kekayaan budaya yang harus diapresiasi. Indonesia begitu kaya dan beragam. Ini harus dijaga. Ini yang kita sebut dengan glokal, berfikir goal dengan kearifan lokal, ucapnya.

Menurut Sandi, tarian unik Soka Papak bisa menyerap lapangan kerja. “Luar biasa kayanya Indonesia dengan budanyanya. Ini kekuatan untuk meyerap lapangan kerja dan selalu belajar dengan kearifan lokal. Ini harus terus kita jaga. Warisan budaya leluhur yang membuat Indonesia unik,” ucap Sandi.

Sandi akan berada di Maumere untuk bertemu dengan masyarakat UMKM, nelayan dan pengenalan OK OCE. Dalam kunjungannya Sandiaga bertemu uskup Maumere dan para nelayan di Campus Wuring. Sandiaga Uno berjanji akan tingkatkan ekonomi rakyat apabila terpilih menjadi calon wakil presiden.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1069 seconds (0.1#10.140)