alexametrics

Polling di Medsos Pasca-Debat Kedua, Jokowi Dinilai Lebih Unggul

loading...
Polling di Medsos Pasca-Debat Kedua, Jokowi Dinilai Lebih Unggul
Capres dengan nomor urut 01, Jokowi dinilai jauh mengungguli Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto, dalam debat kedua yang di Hotel Sultan, Jakarta. Foto/Isra Triansyah/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Calon presiden (Capres) dengan nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) dinilai jauh mengungguli Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto, dalam debat kedua yang berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu 17 Februari 2019, malam.

Hal itu terbukti dalam sejumlah polling yang dibuat media-media nasional yang berakhir Senin 18 Februari 2019 malam dan berhasil dirangkum. Sejumlah besar komentar pun tak ketinggalan ditujukan netizen, yang memberikan pujian untuk daya rintis Jokowi, dengan nomor urut 01.

Polling dibuat dengan pertanyaan sederhana: Siapa yang Anda jagokan setelah menyaksikan debat kedua?



Pembaca Republika.co.id misalnya, terlihat Jokowi-Amin unggul 52% dan Prabowo 48%, lalu di Indonesia lawyers Club (ILC) juga Jokowi memimpin dengan 59% dan Prabowo 41%.

Kemudian Beritasatu juga terlihat dominasi Jokowi dengan 52 % dan Prabowo 45%, tidak ada 2%, tidak tahu 1%, selanjutnya SeputariNewsRCTI, Jokowi meraih 82% dan Prabowo 18%. Hal serupa jug dibuat Viva.co.id, MNC Trijaya 104.6 FM, Radio Elshinta, @Iwan Fals, Okezone, INews serta Tempo.co. Hasilnya Jokowi tetap mendominasi dengan mencolok.

Bahkan banyak kalangan menilai, kesempatan tersebut menjadi panggung Jokowi karena menguasai materi dan persoalan. Jokowi kembali menang telak setelah menguasai masalah dengan menyampaikan capaian keberhasilan. Sementara penantangnya, Prabowo Subianto hanya bicara normatif dan banyak mengakui keberhasilannya Jokowi dalam banyak hal.

"Yang juga menarik untuk diamati adalah polling yang diselenggarakan oleh media-media mainstream. Masyarakat membuktikan kemenangan telak Jokowi lewat polling karena hampir di semua polling itu Jokowi unggul telak," kata Jubir Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi-Jokowi)- Ma’ruf Amin, Arya Sinulingga.

"Ini bukti partisipasi nyata masyarakat dengan ikut menentukan kemenangan lewat polling. Masyarakat sudah pintar menentukan pilihan. Polling berbagai media itu bisa juga menjadi referensi kita," imbuhnya.

Bahkan dalam pemaparan visi dan misi terlihat sekali terjadi perbedaan yang tajam, yakni Prabowo melangit, Jokowi membumi. Prabowo bicara soal kemandirian namun tidak menjelaskan tentang apa yang akan dilakukan untuk mendukung ke arah terwujudnya kemandirian tersebut.
halaman ke-1 dari 3
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak