alexametrics

Perindo Yakin Jokowi Tampil Maksimal di Debat Capres Kedua

loading...
Perindo Yakin Jokowi Tampil Maksimal di Debat Capres Kedua
Ketua DPP Rescue Perindo Denny Adin optimistis, calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) akan tampil maksimal dalam debat kedua pada Minggu, 17 Februari nanti. Foto/Dok/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Ketua DPP Rescue Perindo Denny Adin optimistis, calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) akan tampil maksimal dalam debat capres kedua yang bertema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup serta infrastruktur. Terlebih, Jokowi merupakan capres petahana yang telah terbukti selama periode pertama dalam kepemimpinannya.

“Dalam debat capres kedua nanti salah satu yang jadi program unggulan dari Jokowi (yakni) menjabarkan prestasi selama empat tahun ini,” kata Denny Adin saat dihubungi, Rabu (13/2/2019).

Ia menilai, tema-tema yang ada dalam debat kedua capres menguntungkan paslon nomor urut satu itu. Contohnya dalam tema lingkungan hidup, dimana dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir Indonesia telah berhasil meminimalisir dampak buruk adanya kebakaran hutan.



“Yang paling kelihatan adalah bagaimana dalam beberapa tahun belakangan ini kita sudah tidak pernah lagi mengirimkan asap (akibat kebakaran hutan) ke negara tetangga,” terangnya. (Baca juga: Debat Kedua, Kubu Jokowi Minta Prabowo 'Tak Lari ke Sana-Sini')

Lebih lanjut caleg DPR RI Dapil VII Jawa Barat ini, menyarankan agar capres petahana tidak membuat regulasi yang tumpang tindih terkait rencana tata ruang wilayah (RTRW) dan mitigasi bencana serta mengantisipasi perubahan iklim.

“Dalam debat nanti yang mesti ditonjolkan kedepannya membuat kebijakan yang menghindari tumpang tindih penggunaan ruang, termasuk pengendalian, serta mitigasi bencana dan perubahan iklim,” ujar caleg nomor urut dua ini. (Baca juga: Jelang Debat, Prabowo Akan Gelar Pidato Kebangsaan)

Selain itu, Denny meminta capres incumbent memperhatikan lahan-lahan kritis, potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla), dan berkomitmen mengembangkan energi terbarukan yang ramah lingkungan.

“Jokowi (harus) menjanjikan pencegahan kebakaran hutan, penanaman kembali lahan-lahan kritis, pengembangan energi baru terbarukan (EBT) berbasis potensi setempat serta ramah terhadap lingkungan,” ucapnya. (Baca juga: Jokowi Diyakini Siap Terima Serangan Prabowo di Debat Kedua)

Tidak hanya itu, Jokowi juga diharapkan terus memaksimalkan peran Badan Restorasi Gambut, menciptakan moda transportasi ramah lingkungan serta yang tidak kalah pentingnya mengedukasi masyarakat untuk terus menjaga lingkungan.

“Melanjutkan konservasi lahan gambut, mengurangi emisi karbon dan meningkatkan transportasi massal ramah lingkungan, dan juga perlu ditingkatkan edukasi dalam meningkatkan pendidikan konservasi lingkungan yang berkelanjutan,” tutur Denny.
(pur)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak