alexametrics

Jelang Ganti Rektor, UI Buka Pendaftaran Anggota Majelis Wali Amanat

loading...
Jelang Ganti Rektor, UI Buka Pendaftaran Anggota Majelis Wali Amanat
Pengumuman pembukaan pendaftaran anggota Majelis Wali Amanat Universitas (MWA) Universitas Indonesia. Foto/KORAN SINDO/R Ratna Purnama
A+ A-
JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin menjadi Anggota Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (MWA UI) mewakili unsur masyarakat umum untuk masa bakti 2019-2024.Penjaringan anggota MWA ini merupakan bagian dari proses pemilihan rektor yang akan habis masa jabatannya pada akhir 2019. Dalam menjaring anggota dari unsur masyarakat, panitia khusus (pansus) membuka pendaftaran selama 11-22 Februari 2019.

Rektor Universitas Indonesia (UI), Muhammad Anis mengatakan, berdasarkan Pasal 22 Peraturan Pemerintah Nomor 68 Tahun 2013, MWA-UI adalah organ Universitas Indonesia yang mewakili kepentingan pemerintah, kepentingan masyarakat, dan kepentingan universitas.

Keanggotaan MWA berjumlah 17 orang terdiri atas beberapa elemen, yaitu Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, rektor, tujuh wakil dosen, enam wakil Masyarakat, satu tenaga kependidikan, dan satu mahasiswa.



"Kami undang warga atau masyarakat umum untuk menjadi Wali Amanat UI," kata Anis, Senin 11 Februari 2019.

Dia menambahkan, ada enam anggota MWA unsur masyarakat yang akan dipilih. Dua di antaranya akan menjadi Komite Audit dan Ketua Komite Resiko dengan syarat memilih kompetensi di bidang organisasi akuntansi dan keuangan serta manajemen risiko dan memiliki cukup waktu serta komitmen untuk melaksanakan tugasnya.

"Adapun tugas dan kewajiban MWA adalah menetapkan kebijakan umum UI setelah mendapatkan pertimbangan dari Senat Akademik dan Dewan Guru Besar," ungkapnya.

Ketua Pansus MWA UI Harsono Soepardjo menambahkan, pendaftaran dibuka pada 11-22 Februari 2019. Jadwal pelaksanaan pemilihan calon anggota MWA UI unsur masyarakat diawali dengan penjaringan atau sosialisasi kepada masyarakat luas.

"Kemudian dilanjutkan dengan penyeleksian awal dan penerimaan asupan masyarakat melalui website ui.id/mwaunsurmasyarakat serta sosial media UI paling lambat 22 Februari 2019," katanya.

Pemilihan dan pengumuman anggota MWA UI wakil unsur masyarakat 2019-2024 dilaksanakan 14 Maret 2019.Dia menambahkan, kriteria umum Anggota MWA UI wakil unsur masyarakat umum seperti bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki reputasi baik, komitmen, kemampuan, integritas, visi, wawasan dan minat terhadap pengembangan pendidikan tinggi, tidak memiliki konflik kepentingan, serta bukan anggota partai politik.
"Memiliki kepemimpinan, mampu bekerja sama, berempati, menginspirasi, dan memberdayakan, mampu berkomunikasi secara baik dan efektif, serta mampu bertindak sebagai figur penghubung UI-masyarakat," ungkapnya.

Pendaftaran ini terbuka bagi seluruh masyarakat. Bagi yang sudah pernah mengikuti atau menjadi anggota sebelumnya maka diperbolehkan kembali mendaftar.
(dam)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak