TKN Apresiasi Lelang Lukisan Lintas Generasi untuk Jokowi-Ma'ruf

Senin, 11 Februari 2019 - 19:25 WIB
TKN Apresiasi Lelang Lukisan Lintas Generasi untuk Jokowi-Ma\ruf
TKN Apresiasi Lelang Lukisan Lintas Generasi untuk Jokowi-Ma'ruf
A A A
JAKARTA - Sejumlah seniman melelang hasil karya mereka berupa lukisan lintas generasi untuk disumbangkan ke rekening dana kampanye pasangan nomor urut 01, Jokowi-KH. Ma'ruf Amin.

Hal ini disampaikan Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Hasto Kristiyanto, yang didampingi Wakil Sekretaris TKN Dewi Soeharto dan sejumlah seniman, yakni Kartika Affandi, Heri Kris, dan Yoyo Surya, saat menghadiri dan meninjau pameran lukisan yang diselenggarakan oleh TKN Jokowi-Ma'ruf.

Menurut Hasto, pihaknya sangat mengapresiasi para seniman yang secara sukarela melelang hasil seni mereka. Menurutnya, apa yang dilakukan para seniman bentuk dukungan yang tak ternilai harganya.

"Para budayawan kita membentuk tingkat keadaban kita sebagai bangsa, karena capaian kebudayaan sebuah bangsa itu sangat menentukan bagaimana tolak ukur kemajuan bangsa itu karena di situlah nilai-nilai kemanusiaan itu diekspresikan dengan bebas," ujar Hasto di lokasi pameran, Hotel Pullman, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Senin (11/2/2019).

Sekjen DPP PDI Perjuangan itu menganggap dukungan dari para seniman lukis ini tidak diberikan pada Pilpres 2019 saja. Menurutnya, pada Pilpres 2014 tepatnya di Yogyakarta, cara serupa juga dilakukan oleh mereka. Lelang kali ini disebutnya bentuk dukungan secara nyata kepada Jokowi-Ma'ruf.

Dukungan dari para seniman dan budayawan dinilai Hasto sangat penting. Karena menjadi titik temu ilmu pengetahuan, kekuasaan, para politisi dan juga kebudayaan. Sehingga membentuk kolaborasi yang dianggap positif.

"Akan ditampilkan 73 karya dan ini sekali lagi sebagai sebuah cermin tingkat peradaban kita tanpa kebudayaan suatu bangsa akan mati, tanpa kebudayaan politik bagaikan di padang gurun tanpa oase," ucap Hasto.

Menurut Hasto, 73 karya seni akan dilelang pada hari ini, Senin (11/2/2019). TKN mengapresiasi bentuk dukungan dari para seniman dan budayawan. Yang memiliki niatan menyumbang dana kampanye melalui karya mereka.

"Karena memang ini nanti akan dilelang dan ini bagian dari karya para seniman untuk mendukung Pak Jokowi dan seluruh penerimaan termasuk juga gotong royong dari dana malam nanti itu semua akan dilaporkan dalam rekening dana kampanye," imbuh Hasto.

Sementara, pelukis Kartika Affandi mengaku senang dapat memberikan dukungan kepada pasangan Jokowi-Ma'ruf. Sehingga dukungan yang diberikan menunjukkan konsistensi para seniman, yang mendukung sejak Jokowi maju pada Pilpres 2014.

"Iya harusnya kita harus konsekuen dong, nyambung terus jangan putus di tengah jalan. Beliau (Jokowi) yang luar biasa, apalagi nanti melihat karya kami bagaimana kami mengungkapkannya," imbuh Kartika.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5662 seconds (0.1#10.140)