Soliditas TNI dan Polri Membangun Negeri dalam Bingkai Fotografi

Kamis, 31 Januari 2019 - 20:17 WIB
Soliditas TNI dan Polri Membangun Negeri dalam Bingkai Fotografi
Soliditas TNI dan Polri Membangun Negeri dalam Bingkai Fotografi
A A A
JAKARTA - Divisi Humas Polri menggelar lomba fotografi dengan tema Soliditas TNI-Polri Membangun Negeri. Dalam seminggu, jumlah peserta yang mengirimkan foto sebanyak 1.680 orang dari seluruh Indonesia.

“Dari jumlah peserta yang mengirimkan foto, terlihat masyarakat sangat antusias," kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Mohammad Iqbal dalam keterangan tertulisnya, Kamis (31/1/2019).

Menurut Iqbal, tujuan kegiatan ini untuk memperlihatkan gambaran hubungan sinergi TNI-Polri. Tidak hanya ucapan atau acara seremonial tapi juga terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

“Sinergi tak hanya pada acara seremonial, tetapi dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dalam menjalankan misi kemanusiaan, operasi gabungan dan dalam kegiatan lainnya. Bahkan dalam setiap tarikan napas anggota TNI-Polri," ujar mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini.

Iqbal menjelaskan perlombaan dibagi menjadi dua kategori berdasarkan latar belakang peserta, yaitu jurnalis dan umum. Dari 1.680 foto yang diterima, panitia menyeleksi hingga tersisa 174 foto yang kemudian dicetak untuk dipajang di pameran dan diserahkan kepada tim juri. Pameran sendiri berlangsung di lokasi rapat pimpinan (rapim) TNI-Polri 2019 di auditorium STIK-PTIK, Jalan Tirtayasa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

"Kenapa jurnalis? Karena dalam setiap kegiatan yang diadakan TNI-Polri, selalu ada wartawan. Dan yang menarik masyarakat umum ternyata tertarik mengabadikan momen kebersamaan TNI-Polri," tandas mantan Kapolrestabes Surabaya ini.

Polri menggandeng fotografer kawakan Darwis Triadi sebagai ketua tim juri lomba foto tersebut. Dari 174 peserta yang fotonya telah diseleksi, juri menentukan tiga pemenang dari kategori jurnalis dan lima pemenang dari kategori umum.

"Pemenang kategori jurnalis ada dari jurnalis foto nasional dan jurnalis foto daerah. Untuk kategori umum ada tiga pemenang dari Kepulauan Riau, Surabaya, dan Magelang. Juga ada dari anggota TNI-Polri yang ikut berpartisipasi," tutur Iqbal.

Para juara mendapatkan hadiah uang tunai Rp15 juta untuk juara pertama, Rp10 juta untuk juara kedua, dan Rp5 juta untuk juara ketiga. Hadiah diserahkan Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto secara simbolis kepada para pemenang.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7835 seconds (0.1#10.140)