alexametrics

MNC Peduli Gelar Pelatihan Trauma Healing

loading...
MNC Peduli Gelar Pelatihan Trauma Healing
MNC Peduli menggelar pelatihan Training of Trainer (ToT) Trauma Healing yang dihadiri Ketua III MNC Peduli, Jessica Tanoesoedibjo, di training room Gd iNews. Foto/Raka Dwi Novianto/SINDOnews/Dok
A+ A-
JAKARTA - MNC Peduli menggelar pelatihan Training of Trainer (ToT) Trauma Healing yang dihadiri Ketua III MNC Peduli Jessica Tanoesoedibjo di training room Lt3 Gedung iNews, Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Turut hadir juga puluhan leader trainer yang berasal dari institusi pemerintah terkait dinas pendidikan, lalu BNPB dan juga LSM lainnya yang berhubungan dengan trauma healing untuk anak usia 6-11 tahun.

Jessica Tanoesoedibjo menjelaskan, latar belakang diadakannya acara ini adalah untuk mengantisipasi karena banyaknya bencana alam yang kerap terjadi di Indonesia beberapa waktu belakangan.



Menurut Jessica, banyak anak-anak yang terkena musibah dan tidak tahu cara merespon bencana tersebut. Sering dijumpai bantuan materi padahal juga dibutuhkan bantuan trauma healing untuk anak-anak yang terkena musibah.

"Maka dari itu kita ingin mempersiapkan organisasi-organisasi di Indonesia dan juga pemerintahan juga untuk bisa merespons aksi psikologi yang dibutuhkan anak-anak. Dan karena itu kita buat training progam untuk mempersiapakan volunter untuk bisa terjun langsung," ujar Jessica.

Dengan diadakan acara ini dan para volunter dapat langsung mempraktikan di daerah bencana, Jessica berharap anak-anak dapat kembali ceria dan beraktifitas seperti biasanya.

"Harapan kita untuk anak-anak ini supaya mereka bisa kembali beraktifitas seperti anak-anak yang seharusnya. Supaya dengan semua pengalaman yang mereka lalui selama setahun ini apalagi mereka bisa kembali menjadi seperti anak-anak yang bisa senang-senang juga bisa merespons semua trauma ini dengan baik," harap Jessica.

Dikesempatan yang sama salah satu peserta, Dwi putri yang berasal dari Lazisnu dan Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia, mengaku senang dengan hadir pada acara tersebut. Dirinya mengakui bahwa mendapat wawasan yang lebih apalagi sebelumnya Dwi pernah menjadi volunter di Palu.

"Harapannya saya mendapat wawasan yang lebih karena saya pernah menjadi volunteer trauma healing di Palu. Dulu kita sempat mengadakan trauma healing, di sana kita dapat beberapa hal yang cara mengontrol emosi anak-anak cuma di sini kita dapat perspektif lain yang mungkin bisa diterapkan di anak-anak yang di Banten dan di Lampung," ungkap Dwi.

Dwi juga berharap MNC Peduli dapat menyelenggarakan workshop trauma healing lebih rutinkan kembali. Karena ilma yang dihadirkan sangat bermanfaat bagi para volunter trauma healing.

"Harapannya dari MNC peduli lebih banyak lagi mengadakan workshop kayak gini dan alat-alatnya itu dibagikan juga sehingga kita dapat mempraktikkan langsung," tuturnya.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak