Wali Kota Makassar: Percepatan Pembangunan Butuh SDM yang Baik

Rabu, 23 Januari 2019 - 17:39 WIB
Wali Kota Makassar: Percepatan Pembangunan Butuh SDM yang Baik
Wali Kota Makassar: Percepatan Pembangunan Butuh SDM yang Baik
A A A
JAKARTA - Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Danny Pomanto menyebut tidak ada sebuah percepatan pembangunan tanpa sumber daya manusia (SDM) yang baik. Serta tidak ada sebuah percepatan tanpa perubahan perilaku menuju hal-hal yang produktif, dan tidak ada sebuah perubahan tanpa ukuran yang jelas, jadi diharuskan transparansi dan tersistem.

Hal tersebut disampaikan Ramdhan dalam Indonesia Leader Forum (ILF) 2019 yang digelar oleh KORAN SINDO dan SINDOnews di Hotel Westin, Jakarta, Rabu (23/1/2019).

"Makasar melakukan itu, maka human capital menjadi inti dari semuanya, karena apapun sistemnya, apapun visinya, apapun kondisinya tetap orang yang menggerakan dan intinya adalah pada saat sebuah standar human capital sudah melewati bawah atau di atas batas, di atas standar maka kolaborasi bisa dilakukan," ujar Ramdhan.

Baca Juga: Dongkrak Daya Saing, Generasi Muda Harus Dibekali Soft Skill
Untuk di Makasar, Ramdhan mengungkapkan dalam peningkatan SDM sudah diterapkan dalam hal meritokrasi organisasi. Dimana orang-orang muda yang memiliki kemampuan naik jabatan sesuai dengan kapasitasnya.

Baca Juga: Menristek: Tanpa Inovasi, Negara Tak Akan Mampu Bersaing

Baca Juga: Menristek Fokuskan Pendidikan Vokasi untuk Peningkatan SDM

Meritokrasi adalah sistem yang menekankan kepada kepantasan atau kelayakan seseorang menduduki posisi atau jabatan tertentu. Kepantasan di sini sebagai kemampuan. Tanpa memandang latar belakang etnis, afialiasi politik, atau status sosial mereka

"Jadi orang sudah matang pada posisi ini, dia akan menguji posisi yang lain sehingga mirotokrasi adalah bagian jawaban sekaliagus bagian evaluasi dan ukuran sebuah keberhasilan membangun human capital tadi," tuturnya.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6812 seconds (0.1#10.140)