alexametrics

Sebelum Ajukan KTA, Ketahui Dulu Hal-hal Berikut Ini

loading...
Sebelum Ajukan KTA, Ketahui Dulu Hal-hal Berikut Ini
Mimpi menjadi seorang pengusaha muda yang sukses tentu menjadi dambaan beberapa orang, khususnya untuk yang memang sedang berniat menjalankan usaha. Foto/SINDOnews/Dok
A+ A-
JAKARTA - Mimpi menjadi seorang pengusaha muda yang sukses tentu menjadi dambaan beberapa orang, khususnya untuk yang memang sedang berniat menjalankan usaha atau bisnis tertentu.

Tapi sayangnya menjalankan sebuah bisnis tidak semudah membalikan telapak tangan, karena perlu dilakukan secara matang dan biasanya terdapat beberapa kendala, salah satunya adalah modal.

Hal itu dikatakan Business Manager Cermati.com, Kennadi. Menurutnya, modal merupakan aspek utama yang perlu dipikirkan saat kita akan membuka sebuah bisnis, apalagi jika bisnis yang akan dilakukan ini masih termasuk baru, sehingga perlu berpikir ulang untuk mencari dana yang dijadikan sebagai modal usaha tersebut.



"Agar bisa segera membuka usaha yang akan dilakukan, seperti salah satunya dengan menggunakan kredit pinjaman KTA. KTA merupakan kredit tanpa agunan yang bisa dijadikan sebagai solusi untuk mendapatkan modal usaha dalam waktu yang relatif cepat," kata Kennadi, Jumat (18/1/2019).

Ditambah lagi saat ini hampir semua bank memiliki produk KTA yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan jumlah dana untuk membuka sebuah usaha.

"Ambil contoh saja KTA Permata atau Panin Bank. Kedua produk KTA tersebut menawarkan suku bunga yang cukup rendah dan tenor panjang yang bisa dijadikan alternatif bila ingin mendapatkan pinjaman dana untuk modal bisnis," ucapnya.

Untuk itu sebelum mengajukan pinjaman KTA yang akan dijadikan sebagai modal usaha, memang sebaiknya ketahui terlebih dahulu mengenai hal-hal yang perlu diketahui.

1. Buat laporan rencana bisnis jangka panjang.

Sebelum mengajukan dana pinjaman KTA ke bank, sebaiknya Anda melakukan pertimbangan secara matang, salah satunya adalah dengan mempersiapkan perencanaan skala bisnis yang akan dilakukan.

2. Sesuaikan pinjaman dana dengan kebutuhan

Untuk yang memiliki nilai usaha dengan prospek yang tinggi, tentu dana pinjaman yang dibutuhkan akan lebih tinggi lagi, untuk itu sebelum melakukan pinjaman sebaiknya perhitungkan terlebih dahulu dengan kebutuhan untuk modal bisnis.

3. Memiliki tabungan cadangan

Tabungan cadangan untuk seorang pembisnis merupakan hal wajib yang harus dimiliki. Dengan memiliki tabungan cadangan juga bisa untuk berjaga-jaga jika suatu saat keuntungan Anda belum mencukupi untuk membayar hutang ke bank, sehingga dapat meminimalisir terjadinya tunggakan di bank.

4. Memastikan syarat yang sudah ditentukan bank

Melakukan pinjaman dana KTA ke bank, tentu memiliki syarat-syarat yang harus dilakukan, salah satunya mengenai batasan usia peminjam, penghasilan per tahun, dan juga tenor cicilan yang akan diberikan. Sehingga pihak bank nantinya akan memberikan batas maksimal jumlah pinjaman yang diminta.

5. Komitmen pada pembayaran

Melakukan pinjaman dana KTA ke bank berarti Anda sudah berkomitmen untuk dapat melunasinya sampai batas waktu yang telah ditetapkan. Untuk itu memang dibutuhkan kedisiplinan diri Anda untuk bisa menyelesaikan utang tersebut dengan membayar cicilan setiap bulannya.
(maf)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak