Dinilai Gagal Tangani HAM, Debat Perdana Sandera Jokowi

Rabu, 16 Januari 2019 - 16:43 WIB
Dinilai Gagal Tangani HAM, Debat Perdana Sandera Jokowi
Dinilai Gagal Tangani HAM, Debat Perdana Sandera Jokowi
A A A
JAKARTA - Debat perdana pasangan calon presiden dan wakil presiden besok dinilai menyandera Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sebab, Jokowi dinilai gagal menyelesaikan persoalan hak asasi manusia (HAM).

"Debat besok itu Jokowi tersandera," ujar Aktivis HAM, Natalius Pigai dalam diskusi bertajuk Masa Depan Indonesia Pasca Jokowi di Media Center Prabowo-Sandi, Jalan Sriwijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (16/1/2019).

Karena, kata dia, Presiden Jokowi selama ini mengkapitalisasi persoalan HAM. "Dan mobilisasi seluruh elemen pembela kemanusiaan dan korban HAM," ujar Mantan Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) itu.

Kemudian, kata dia, Presiden Jokowi memberikan harapan untuk menyelesaikan persoalan HAM dan membangun Indonesia berbasis HAM. "Tapi sampai sekarang tidak ada hasil. Dia sudah sangat tersandera dan kali ini, pemenangnya adalah Prabowo," paparnya.

Diakuinya bahwa Prabowo Subianto diserang bertubi-tubi dengan persoalan HAM pada pemilihan presiden dan wakil presiden (Pilpres) 2014 lalu. "Tapi hari ini dia (Prabowo, red) merasa diri pemenang. Menangnya karena apa? karena kegagalan Jokowi," kata dia.

Adapun tema debat perdana Capres besok mengenai hukum, hak asasi manusia (HAM), korupsi dan terorisme.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7647 seconds (0.1#10.140)