alexametrics

Mendikbud Percepat Pemberian Edukasi Kebencanaan

loading...
Mendikbud Percepat Pemberian Edukasi Kebencanaan
Mendikbud Percepat Pemberian Edukasi Kebencanaan. (Dok. Koran SINDO).
A+ A-
JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan akan percepat edukasi kebencanaan, adapun hal ini dilakukan agar ada semacam simulasi bencana yang lebih masif. Kegiatan ini sebenarnya tidak hanya untuk sekolah, tapi juga masyarakat luas.

“Tidak hanya sekolah, tapi sebetulnya diarahkan ke masyarakat luas. Kalau sekolah, nanti lebih tersistem ya,” ungkapnya.

Namun, Mendikbud menyampaikan bahwa mitigasi bencana tidak akan menjadi mata pelajaran. Muhadjir mengatakan mitigasi bencana hanya akan menjadi bagian dari proses belajar mengajar di sekolah, tetapi disisipkan dalam mata pelajaran tertentu.



“Ada tiga yang harus ditanamkan kepada anak. Pertama mengenai pengetahuan dan informasi. Kemudian yang kedua hal-hal yang sifatnya teknikal. Ini tentang apa yang harus dilakukan. Lalu, bagaimana yang ketiga simulasi,” tuturnya.

Muhadjir menambahkan, sebenarnya untuk daerah-daerah yang rawan bencana sudah menerapkan edukasi bencana seba-gai muatan lokal. Biasanya pengetahuan soal bencana diselipkan dalam kegiatan ekstrakulikuler.

Multiplier Effect
“Implementasinya itu dititipkan ke Pramuka, di KSR-PMI. Bahkan ini sebetulnya nanti punya multipliereffect ya itu bisa mengaktifkan Palang Merah Sekolah, bisa mengaktifkan Korps Suka Relawan (KSR) Sekolah, bisa mengaktifkan Pramuka. Jadi saling menguatkan,” paparnya.

Sementara itu, Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohammd Nasir menyatakan telah mewajibkan semua kampus untuk menjelaskan mitigasi bencana kepada masyarakat. Seluruh maha siswa akan mendapatkan penjelasannya di mata kuliah dasar untuk nanti diteruskan kepada masyarakat.

“Kita jelaskan kondisi Indonesia di ring of fire, apa yang harus kita atasi. Dan nanti pada saat KKN (kuliah kerja nyata) dijelaskan kepada masyarakat,” jelasnya. (Dita Angga)
(nfl)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak