alexametrics

Lembaga Inkubator Wirausaha Kampus Ciptakan Wirausaha Muda Masa Depan

loading...
Lembaga Inkubator Wirausaha Kampus Ciptakan Wirausaha Muda Masa Depan
BSI Entrepreneur Center (BEC) Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) menyiapkan mahasiswa -mahasiswinya untuk menjadi wirausahawan muda yang tangguh. Foto/Ist
A+ A-
JAKARTA - Keberadaan wirausaha dalam membangun kesejahteraan generasi milineal di era disruptif menjadi salah satu cara mengatasi kemiskinan dan pengangguran.

Inkubator lembaga wirausaha kampus melalui BSI Entrepreneur Center (BEC) Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) menyiapkan mahasiswa -mahasiswinya untuk menjadi wirausahawan muda (wiramuda) yang tangguh.

“Saat ini UBSI memiliki lembaga BSI Entrepreneur Center (BEC) sebagai inkubator wirausaha muda dalam menciptakan ekosistem wirausaha di kalangan mahasiswa/i Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI). Sehingga ketika lulus kuliah, tidak hanya menjadi karyawan sebagai tujuan berkarir. Tetapi juga berwirausaha sebagai tujuan karir mahasiswa,” kata Fuad Nurhasan, Kordinator BEC UBSI dalam pesannya yang dikirim Jumat (4/1/2019).



Fuad menjelaskan, bahwa program inkubator wirumuda ini mahasiswa yang telah memiliki bisnis atau baru merintis, bahkan yang baru berniat ingin berwirausaha dipertemukan dalam satu pelatihan dan bimbingan berwirausaha.

“Setiap mahasiswa yang memiliki keahlian dan minat masing-masing bergabung merencanakan untuk membangun bisnis bersama. Pada proses inkubator ini, mahasiswa akan didampingi dan dicoaching oleh alumni-alumni UBSI yang telah sukses menjadi wirausaha,” ujar Fuad.

Pada pendampingan ini, Fuad menjelaskan, mahasiswa tidak hanya dicoaching dalam hal membangun rencana bisnis saja, tetapi juga memberikan tips untuk menghadapi permasalahan berbisnis yang kemungkinan akan terjadi.

“Memiliki mental yang kuat serta selalu berpikir positif, sikap yang harus dimiliki oleh wirausahawan. Jika sudah siap ingin berwirausaha, berarti juga harus siap untuk mengalami kegagalan dan bangkit lagi untuk merintis bisnis,” kata Fuad.

Lebih lanjut, Fuad mengatakan selain program inkubator, BEC juga rutin mengadakan kegiatan seminar wajib entrepreneur dan entrepreneur fair.

“Kegiatan seminar wajib wirausaha ini wajib diikuti oleh mahasiswa/i dengan menghadirkan narasumber yang kompeten serta alumni-alumni UBSI yang sudah sukses menjadi wirausaha sebagai contoh dan motivator bagi adek-adek kelasnya,” kata Fuad.

Sementara Entrepreneur Fair, lanjut Fuad, sebagai wadah dan fasilitas bagi mahasiswa untuk memperkenalkan produk usahanya kepada masyarakat.

Fuad berharap dengan seluruh kegitan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya, dapat meningkatkan soft skill mahasiswa, sehingga berani untuk memulai berwirausaha.

“Program-program BEC seperti inkubator wiramuda, seminar kewirausahaan serta entrepreneur fair ini sebagai fasilitas yang diberikan oleh UBSI untuk mahasiswa UBSI dalam membentuk karakter mahasiswa yang siap dalam berwirausaha. Sehingga, ketika lulus kuliah mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri,” harap Fuad.
(vhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak