Pentingnya Penerangan Jalan Umum di Jakarta, PT JIP Lakukan Hal Ini

Rabu, 24 April 2024 - 17:08 WIB
loading...
Pentingnya Penerangan Jalan Umum di Jakarta, PT JIP Lakukan Hal Ini
PT JIP sebagai anak perusahaan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Perseroda, menginisiasi pemanfaatan Penerangan Jalan Umum (PJU) milik Pemprov Jakarta. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Dalam upaya meneruskan pengembangan konsep Kota Cerdas (Smart City) dan Jakarta sebagai kota global, PT Jakarta Infrastruktur Propertindo (JIP), anak perusahaan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Perseroda, menginisiasi pemanfaatan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) milik Pemprov Jakarta untuk dikembangkan menjadi PJU Pintar.

Hal ini dikatakan oleh General Manager Corporate Secretary & Legal PT JIP, Aji Rizqi Yodhana. Nantinya kata Aji, PJU ini akan mampu beroperasi dengan teknologi telekomunikasi yang dapat diimplementasikan hingga jaringan 5G di kawasan Gunawarman, Jakarta Selatan.

"Inisiatif ini merupakan bagian dari strategi JIP bekerja sama dengan Dinas Bina Marga DK Jakarta guna mendukung infrastruktur digital yang lebih maju dan meningkatkan standar hidup perkotaan," kata Aji dalam keterangannya, Rabu (24/4/2024).



Aji menjelaskan, dengan teknologi PJU yang akan terintegrasi dengan Sarana Jaringan Utilitas Terpadu (SJUT) atau ducting bersama yang ditanam di bawah tanah, diharapkan dapat mendukung peningkatan estetika dan infrastruktur telekomunikasi yang lebih efisien.

Integrasi ini tidak hanya memperkuat infrastruktur konektivitas dengan peningkatan kapasitas dan kecepatan internet, tetapi juga menyertakan fitur-fitur pintar yang meningkatkan keamanan dan efisiensi kota.

"Sebagai pelopor dalam implementasi PJU pintar di Daerah Khusus Jakarta, JIP berkomitmen untuk memperluas pemasangan dan pengembangan PJU, yang menjadi salah satu komponen esensial dalam infrastruktur kota cerdas masa depan," jelasnya.

Dalam pengembangan lebih lanjut, PJU pintar ini ke depannya akan dilengkapi dengan fitur unggulan, seperti sensor cerdas terintegrasi yang mampu menghimpun data vital mengenai densitas lalu lintas dan kualitas udara untuk optimasi manajemen perkotaan.

PJU ini juga akan dilengkapi dengan teknologi Internet of Things (IoT), Digital Signage untuk penyebaran informasi lebih efektif, dan sistem Way Finding yang memungkinkan navigasi yang lebih mudah dan interaktif di area publik.

"Melalui kerja sama dengan Dinas Bina Marga DKI Jakarta dan para operator telekomunikasi, penerapan teknologi terintegrasi di PJU pintar dapat menunjang infrastruktur telekomunikasi Jakarta yang lebih teratur, estetis, dan terkoneksi," ungkapnya.

"Kami optimis bahwa dengan implementasi PJU Pintar, PT JIP akan turut berkontribusi dalam mendukung kemajuan infrastruktur teknologi informasi dan JIP yang berkantor di Gedung Jaya Lantai 11, Jalan MH Thamrin No 12, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, 10340, Indonesia. Telepon: 0221 2962 5751-52 Fax 6221 2962 5753 email: Info@jakarta-infrastruktur.com www.jakartainfrastruktur.com telekomunikasi, sehingga Jakarta lebih aman, nyaman, dan cerdas bagi semua warganya," tutup Aji.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1738 seconds (0.1#10.140)